Gagal UTBK-SBMPTN Bukan Akhir dari Segalanya, Coba Lakukan Hal ini - Pijar Article
Paket Belajar
Blog
Tes Minat Bakat
Info Lainnya
Masuk

Share :

link iconwa iconfb icontwitter icon

Gagal UTBK-SBMPTN Bukan Akhir dari Segalanya, Coba Lakukan Hal ini

| 0 minute read
Gagal UTBK-SBMPTN Bukan Akhir dari Segalanya, Coba Lakukan Hal ini image

Untuk beberapa orang gagal masuk universitas negeri melalui jalur UTBK-SBMPTN memang terasa sangat menyedihkan. Namun, gagal masuk universitas negeri melalui jalur UTBK-SBMPTN bukan akhir dari segalanya lho. Karena masih banyak hal lain yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan masa depan yang cerah.


Salah satu hal yang bisa menyebabkan seseorang sangat sedih ketika gagal masuk universitas negeri melalui jalur UTBK-SBMPTN adalah karena merasa perjuangannya selama ini untuk belajar terbuang sia-sia begitu saja.


Padahal faktanya setelah UTBK-SBMPTN masih banyak jalur masuk universitas negeri yang tersedia, jadi usahamu untuk belajar dengan tidak terbuang begitu saja. Jalur masuk universitas negeri setelah pengumuman kelulusan UTBK-SBMPTN biasanya dikenal dengan istilah jalur mandiri.


Hal yang harus dilakukan saat gagal UTBK

Untuk menghilangkan rasa stres dan membuatmu selalu bersemangat menjalankan aktivitas setelah gagal masuk universitas negeri melalui UTBK-SBMPTN, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan, yaitu:


1.Lakukan hobi atau hal yang kamu sukai

Kadang untuk bisa bangkit dari rasa terpuruk, hal penting yang perlu kamu lakukan adalah membuat dirimu bahagia dengan melakukan hobi atau hal yang kamu sukai, seperti bermain game, membaca novel, atau sekedar jalan-jalan ke suatu daerah.


Ketika rasa sedih atau stres yang kamu rasakan sudah cukup berkurang, kamu bisa memikirkan langkah yang akan diambil selanjutnya. Selain itu, tetap batasi durasi untuk melakukan hobi atau hal yang kamu sukai ya. Jangan sampai kamu berlarut-larut dalam kesedihan dan hanya melakukan hobi, tanpa memikirkan masa depan. Karena bagaimanapun masa depanmu adalah hal utama yang harus dipikirkan dengan sebaik mungkin.


2. Cari teman seperjuangan yang juga gagal UTBK-SBMPTN

Salah satu cara paling ampuh yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi rasa stres saat gagal UTBK-SBMPTN adalah berkumpul dengan seperjuangan yang sedang gagal UTBK-SBMPTN. Karena teman seperjuangan yang sedang gagal UTBK-SBMPTN, biasanya sedikit banyak akan sangat mengerti hal yang sedang kamu rasakan.


Jadi, secara tidak langsung kamu bisa merasa sedikit lega, karena merasa bahwa kamu tidak sendiri dan kamu bukanlah orang yang satu-satunya gagal. kamu bisa mengeluarkan semua rasa sedih dan keluh kesah yang mungkin selama ini tidak bisa kamu sampaikan kepada siapapun.


Meskipun tidak menyelesaikan masalah yang sedang kamu hadapi berkumpul dengan teman yang gagal UTBK-SBMPTN bisa sedikit menghilangkan rasa sedihmu, sehingga kamu bisa lebih semangat untuk melakukan aktivitas.


3. Buat daftar impian yang ingin dicapai

Hal lain yang perlu kamu lakukan saat gagal UTBK-SBMPTN adalah membuat daftar impian yang ingin dicapai. Misalnya kamu ingin kuliah hingga S2, membangun bisnis, atau kerja di suatu bidang hingga akhirnya mendapatkan jabatan yang sangat tinggi.


Dari daftar impian tersebut, kamu mulai bisa menentukan langkah apa yang bisa kamu ambil selanjutnya. Misalnya saja jika kamu memutuskan ingin melanjutkan kuliah S2, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk terus berjuang hingga akhirnya bisa masuk universitas.


Kamu gak harus selalu membuat rencana yang rinci banget kok, tulis saja hal yang ingin dicapai di selembar kertas dengan catatan yang sangat sederhana.


Baca juga :Agar Tetap Produktif Saat Mengambil Gap Year, Yuk Lakukan 6 Aktivitas Ini

_____________________________________________


4. Pertimbangkan Ujian Jalur Mandiri

Seperti yang telah disebutkan di atas, setelah pengumuman UTBK-SBMPTN biasanya masih banyak jalur masuk universitas negeri lainnya yang bisa kamu ikuti. Jarak antara pengumuman kelulusan UTBK-SBMPTN dan tes untuk masuk universitas negeri melalui jalur mandiri biasanya cukup jauh. Jadi, kalau kamu memiliki keinginan untuk masuk universitas negeri melalui jalur mandiri, kamu bisa mempersiapkan diri dengan jangka waktu yang cukup panjang.


Beberapa hal yang lakukan saat melakukan persiapan sebelum mengikuti ujian masuk perguruan tinggi negeri adalah belajar dengan sungguh-sungguh dan memahami jenis tesnya. Karena beberapa jurusan (seperti jurusan olahraga dan teknik seni rupa) memiliki tambahan tes yang berbeda.


Saat memilih jurusan kuliah pastikan kamu memilih jurusan kuliah yang paling sesuai dengan minat dan bakat ya. Jangan sampai karena hanya ingin masuk universitas negeri, kamu jadi asal mengambil jurusan kuliah.


5. Ikut ujian masuk universitas swasta

Jika kamu pernah berpikir bahwa kesuksesan hanya bisa diraih ketika kuliah di universitas negeri, mulai sekarang hilangkan pikiran tersebut ya. Karena pada dasarnya semua orang yang kuliah di universitas negeri maupun universitas swasta memiliki kesempatan yang sama besar untuk meraih kesuksesan ketika lulus kuliah.


Hal yang paling penting adalah bukan dimana kamu kuliah, tapi bagaimana cara untuk meningkatkan dan memaksimalkan kemampuan diri sendiri selama kuliah, sehingga nantinya kamu bisa meraih kesuksesan.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya juga jika kamu mulai mencari universitas swasta.


Saat ini universitas swasta juga menyediakan berbagai jurusan kuliah yang sesuai minat. Bahkan untuk jurusan kuliah yang masih tergolong jarang tersedia di universitas negeri sekalipun, seperti kesejahteraan sosial atau sosiologi.


Baca juga: Metode mencatat Cornell:Cara Mudah Memahami Materi Pelajaran

___________________________________________________________________


Nah, itu tadi beberapa hal yang bisa kamu lakukan setelah gagal UTBK-SBMPTN. Pada dasarnya apapun langkah yang kamu ambil, pastikan kamu telah mendiskusikannya dengan orang terdekat terlebih dahulu ya, khususnya orang tua. Selain itu, pastikan apapun langkah yang akan diambil kedepannya, membuat dirimu puas dan bahagia. Karena bagaimanapun, dirimulah yang akan menjalani keputusan tersebut.


Jika kamu memutuskan untuk terus belajar hingga akhirnya bisa masuk universitas negeri, yuk gunakan Pijar Belajar.Pijar Belajar adalah Aplikasi yang dirancang untuk siswa agar mendapatkan suplemen pembelajaran di sekolah yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja tanpa terhalang ruang dan waktu.

Aplikasi Pijar Belajar dilengkapi oleh beragam fitur unggulan yang dapat digunakan siswa dalam proses belajar lebih mudah dan lebih menarik.


Selain itu, menariknya lagi Pijar Belajar memiliki fitur latihan soal yang berbentuk seperti game di handphone. Jadi, kamu akan mendapatkan banyak ilmu tanpa merasa terbebani sama sekali. Menarik banget kan. Jadi, yuk gunakan aplikasi Pijar Belajar sekarang juga.

 

Artikel Lainnya

 image

 image

 image

 image