pijarbelajar

Bahasa Inggris

Materi Lengkap Pengertian, Rumus, dan Contoh Future Perfect Continuous Tense

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

0

Materi Lengkap Pengertian, Rumus, dan Contoh Future Perfect Continuous Tense image

Dari sekian banyak jenis tenses dalam Bahasa Inggris, kamu akan mengenal future perfect continuous tense sebagai salah satunya. Tenses ini merupakan gabungan dari future, perfect, dan continuous sehingga maknanya pun cukup kompleks ketika berada di dalam sebuah kalimat.


Tenses ini memang memiliki kemiripan dengan future perfect tense. Hanya saja, Sobat Pijar akan mengenal bahwa ada bentuk yang lain, yaitu di bagian kata kerjanya yang menggunakan verb-ing. Simak ulasan materi lengkapnya di bawah ini sehingga kamu bisa lebih paham.


Pengertian Future Perfect Continuous Tense

Apa itu future perfect continuous dalam kumpulan tenses Bahasa Inggris? Future perfect continuous tense adalah sebuah pola kalimat yang menggambarkan bahwa sebuah kejadian akan sedang dilakukan di dalam periode tertentu, namun kejadiannya masih belum terjadi alias di masa depan.


Future perfect continuous tense digunakan untuk menyampaikan sebuah ekspektasi bahwa sebuah kegiatan akan sudah berlangsung di masa depan. Untuk kepastiannya masih belum bisa ditentukan karena masih ada di masa depan. Kalimat hanya menyampaikan ekspektasi pembicara.


Bagaimana dengan verbal dan nominal di dalam tenses ini? Berhubung tenses ini mengandung continuous, maka kamu tidak akan menemukan kalimat tanpa kata kerja atau verb. Sebab, kalimat ini mengandung verb-ing sehingga sudah jelas hanya kalimat verbal saja yang ada di tenses ini.


Baca juga: Definisi, Rumus Kalimat, dan Contoh Kalimat Past Future Continuous Tense


Rumus Future Perfect Continuous Tense

Kalimat future perfect continuous tense harus mengikuti rumus atau pola yang tentu saja berbeda dengan versi future perfect. Pasalnya, kamu tidak akan menggunakan bentuk verb-3 sama sekali meskipun gabungan dengan perfect. Penjelasan rumusnya ada di bawah ini.


Kalimat positif

Di kalimat ini, kamu harus mengikuti pola subject + will have been + verb-ing + complement. Apapun jenis subject yang digunakan, maka pola pengikutnya adalah will have been. Sementara verb harus menggunakan bentuk verb-ing.


Contoh: Vanya will have been cooking the pasta by 6 PM today.


Kalimat negatif

Sentence structure dari kalimat negatif future perfect continuous tense hanya dengan menambahkan kata not setelah kata will. Jadi, pola kalimatnya adalah subject + will not have been + verb-ing + complement. Bentuk verb pun sama sekali tidak berubah.


Contoh: Vanya will not have been cooking the pasta by 6 PM today.


Kalimat interogatif (kalimat tanya yes/no)

Bentuk kalimat interogatif menggunakan pola will + subject + have been + verb-ing + complement? Tidak ada perubahan dalam bentuk verb. Jawabannya pun nanti berbentuk yes atau no saja.


Contoh: Will Vanya have been cooking the pasta by 6 PM today?


Berikut rangkuman rumus atau pola kalimat future perfect continuous tense.



Contoh Future Perfect Continuous Tense

Contoh kalimat future perfect continuous tense bisa membantumu untuk berlatih dan lebih memahami bentuk tenses ini. Kamu juga akan lebih paham terhadap fungsi kalimat ketika digunakan dalam menulis maupun conversation. Simak berbagai contoh kalimatnya di bawah ini.


Contoh 1:

(+) The driver will have been driving for two hours already by 7 PM. (Pengemudi akan telah sedang mengemudi selama dua jam pada pukul 7 malam).


(-) The driver will not have been driving for two hours already by 7 PM. (Pengemudi tidak akan telah sedang mengemudi selama dua jam pada pukul 7 malam).


(?) Will the driver have been driving for two hours already by 7 PM? (Apakah pengemudi akan telah sedang mengemudi selama dua jam pada pukul 7 malam?).

Yes, he will. (Ya, dia akan melakukannya).

No, he will not. (Tiddak, dia tidak akan melakukannya).


Contoh 2:

(+) We will have been watching the new movie next week. (Kita akan telah sedang menonton film baru tersebut minggu depan).


(-) We will not have been watching the new movie next week. (Kita tidak akan telah sedang menonton film baru tersebut minggu depan).


(?) Will we have been watching the new movie next week? (Apakah kita akan telah sedang menonton film baru tersebut minggu depan?).

Yes, we will. (Ya, kita akan melakukannya).

No, we will not. (Tidak, kita tidak akan melakukannya).


Contoh 3:

(+) You will have been studying in Spain next year. (Kamu akan telah sedang belajar di Spanyol tahun depan).


(-) You will not have been studying in Spain next year. (Kamu tidak akan telah sedang belajar di Spanyol tahun depan).


(?) Will you have been studying in Spain next year? (Apakah kamu tidak akan telah sedang belajar di Spanyol tahun depan?)

Yes, you will. (Ya, kamu akan melakukannya).

No, you won’t. (Tidak, kamu tidak akan melakukannya).


________________________________________________________________


Baca juga: Jenis-Jenis Tense Bahasa Inggris, Definisi, Rumus dan Contohnya


Future perfect continuous tense merupakan tenses yang juga penting dan menjadi bagian dari tenses future. Nah, future perfect continuous tense ini digunakan untuk menjelaskan kejadiannya belum terjadi namun mungkin sedang terjadi di masa depan.


Yuk, kenali lebih jauh berbagai tenses Bahasa Inggris bareng Pijar Belajar! Aplikasi Pijar Belajar menyediakan berbagai konten pembelajaran terlengkap untuk siswa SD, SMP, dan SMA, mulai dari latihan soal, rangkuman, hingga video materi dan try out. Tentunya nggak cuma Bahasa Inggris saja, ya, tersedia juga berbagai konten pembelajaran untuk mata pelajaran lainnya, lho.


Tunggu apa lagi? download Pijar Belajar atau klik banner di bawah ini untuk mulai belajar seru sekarang!



Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved