Fungsi Trigonometri | Pengertian, Rumus, Grafik, & Contoh Soalnya - Pijar Article
Paket Belajar
Blog
Tes Minat Bakat
Info Lainnya
Masuk

Share :

link iconwa iconfb icontwitter icon

Fungsi Trigonometri | Pengertian, Rumus, Grafik, & Contoh Soalnya

| 0 minute read
Fungsi Trigonometri | Pengertian, Rumus, Grafik, & Contoh Soalnya image

Materi fungsi trigonometri cukup mudah dipahami, kok, asalkan kamu tahu bagaimana rumus dan cara kerjanya. Biasanya, materi ini akan kamu temui di bangku SMA. Sobat Pijar ada yang sudah paham belum dengan fungsi trigonometri? 


Nah, pas banget, nih. Saat ini, Pijar Belajar mau ajak kamu mengenal fungsi trigonometri, mulai dari pengertiannya, rumus fungsi trigonometri, membuat dan menganalisis grafik fungsi trigonometri, hingga contoh soalnya. Sudah siap untuk belajar bersama? Yuk, simak penjelasan berikut ini. 


Baca juga: Trigonometri | Sudut Istimewa, Identitas, dan Perbandingan


Pengertian Trigonometri

Trigonometri merupakan cabang ilmu matematika yang membahas ukuran dalam segitiga. Lantas, apakah fungsi trigonometri dan trigonometri itu sama? Well, sebenarnya fungsi trigonometri merupakan bagian dari trigonometri, ya. Fungsi trigonometri merupakan suatu fungsi yang memiliki grafik berulang secara terus menerus dalam suatu periode tertentu. 


Jika, trigonometri mempelajari sudut dan sisi segitiga, fungsi trigonometri mempelajari hubungan antara sudut sudut dan sisi sisi dalam segitiga tersebut.


Salah satu pengaplikasian trigonometri yang biasa digunakan terdapat pada proses menentukan sudut dalam pembangunan gedung. Insinyur sipil juga sering terlihat menguji kekuatan bangunan menggunakan getaran dan gelombang. 


Dengan banyaknya aplikasi fungsi trigonometri dalam kehidupan sehari hari, semoga kamu makin bersemangat untuk mempelajari materi ini dan bisa menerapkannya pula dalam keseharianmu ya!


Rumus Trigonometri

Trigonometri memiliki banyak sekali istilah istilah dalam rumus yang perlu dipahami terlebih dahulu. Silahkan simak baik baik beberapa rumus trigonometri di bawah ini ya!


1. Rumus Identitas Trigonometri


2. Rumus Jumlah dan Selisih Sudut


3. Rumus Sudut Ganda


4. Rumus Sudut Paruh


5. Rumus Perkalian Fungsi Trigonometri


6. Rumus Jumlah dan Selisih Fungsi Trigonometri 


7. Rumus Nilai dari A Cos X + B Sin X


Cobalah untuk memahami konsep rumus di atas, ya, supaya kamu bisa mengaplikasikannya pada soal nanti.


Grafik Trigonometri

Terdapat tiga jenis grafik trigonometri yang perlu kamu tahu. Kamu bisa melihat contohnya masing masing di bawah ini ya.


1. Grafik Fungsi Sinus ( y = sin x )


2. Grafik Fungsi Cosinus ( y = cos x )


3. Grafik Fungsi Tangen ( y = tan x )


Contoh Soal Trigonometri dan Pembahasannya

Untuk lebih paham tentang trigonometri, lebih baik kita langsung coba mengerjakan dan membahas soal soalnya. Silahkan cek beberapa soal di bawah ini


Contoh Soal 1

Tentukan nilai dari sin 45° . tan 60° + cos 45° . cot 60°!


Jawab:


Contoh Soal 2

Buktikan identitas trigonometri di bawah ini!


Jawab: 


Baca juga: Materi Fungsi Kelas 10 | Mengenal Pengertian & Jenis Fungsi Matematika


_______________________________________________________


Nah, kamu telah mempelajari pengertian dari trigonometri, fungsi trigonometri, rumus rumus trigonometri, grafik trigonometri, hingga contoh soal yang berkaitan dengan trigonometri. Semoga bahasan mengenai materi trigonometri dalam artikel ini dapat membantumu untuk memahami materi ini ya.


Selamat mempelajari materi fungsi trigonometri! Semoga kamu bisa cepat memahami dan selalu praktekkan latihan soalnya ya!


Tentunya belajar trigonometri paling asyik ya bareng Pijar Belajar, dong! Pijar Belajar memiliki banyak sekali latihan soal yang bisa kamu coba untuk mengasah pemahaman. Nggak cuma latihan soal trigonometri dan matematika saja, mata pelajaran lainnya juga ada, lho.


Yuk, download Pijar Belajar sekarang!

Artikel Lainnya

 image

 image

 image

 image