pijarbelajar

Universitas

Daya Tampung Universitas Sebelas Maret 2023, Cek Yuk!

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Daya Tampung Universitas Sebelas Maret 2023, Cek Yuk! image

Sobat pijar ingin menjadi mahasiswa Universitas Sebelas Maret? Jika iya, kamu harus tahu dulu, nih, informasi daya tampung Universitas Sebelas Maret. Apa hubungannya memilih jurusan dengan data daya tampung ini? 


Salah satu pertimbangan dalam memiliki PTN adalah besaran daya tampung di jurusan yang diminati. Daya tampung sendiri merupakan kuota penerimaan yang dibuka universitas dalam satu jurusan. Nah, besaran daya tampung inilah yang bisa kamu gunakan untuk menghitung peluang diterima atau tidaknya kamu di jurusan tersebut. 


Penentuan daya tampung ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, lho, baik dalam internal kampus maupun faktor eksternal kampus. Hal ini perlu diketahui dan menjadi bahan pertimbangan Sobat Pijar. 


Untuk itu, simak terus penjelasan lengkap tentang daya tampung Universitas Sebelas Maret dan faktor yang mempengaruhinya berikut ini, ya. 


Baca juga: Daya Tampung Universitas Padjadjaran 2023


Faktor yang Mempengaruhi Daya Tampung Universitas Sebelas Maret 

Sebelum membahas lebih jauh tentang daya tampung Universitas Sebelas Maret, kita kenalan dulu, ya, secara lebih detail tentang universitas satu ini. Coba simak artikel Pijar Belajar tentang Universitas Sebelas Maret berikut ini, ya! 


Nah, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, besaran daya tampung di tiap jurusan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Berikut adalah empat faktor yang mempengaruhi angka daya tampung suatu universitas. 


1. Jurusan yang Dipilih di Universitas 

Setiap jurusan Universitas Sebelas Maret memiliki daya tampung yang berbeda-beda. Misalnya, daya tampung jurusan Psikologi umumnya lebih besar daripada jurusan Kedokteran dan sebagainya. 


Hal ini dipengaruhi oleh kemampuan masing-masing jurusan dalam menampung dan membimbing mahasiswa berbeda-beda. Karena itu, setiap jurusan menyesuaikan dengan kemampuan yang ada agar jumlah mahasiswa sesuai dengan kapasitas. 


2. Jumlah Mahasiswa yang Lulus pada Periode Tahun Ajaran Sebelumnya 

Jika ingin menerima mahasiswa baru maka harus ada mahasiswa yang keluar atau lulus bukan?. Oleh karena itu Sobat Pijar harus memahami bahwa jumlah mahasiswa yang lulus pada jurusan di universitas mempengaruhi jumlah daya tampung. 


Semakin banyak mahasiswa yang lulus pada periode tahun ajaran tertentu. Maka, pada periode selanjutnya akan semakin banyak kursi yang tersedia. Hal inilah yang membuat daya tampung jurusan berbeda-beda. Karena rasio kelulusan jurusan berbeda-beda pula. 


3. Daya Tampung pada Periode Tahun Ajaran Sebelumnya 

Jika Sobat Pijar ingin memperkirakan berapa besar daya tampung Universitas Sebelas Maret pada tahun ajaran ini. Maka, cara yang paling efektif untuk memperkirakannya adalah melihat daya tampung pada periode tahun ajaran sebelumnya. 


PTN di Indonesia memang kadang menetapkan daya tampung yang tidak jauh berbeda dengan periode tahun ajaran yang sebelumnya. Skala penerimaannya cenderung stabil jika tidak masalah internal tertentu pada jurusan maupun universitas. 


Karena itu, ada baiknya bagi Sobat Pijar untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya. Terutama, mengenai informasi daya tampung yang ditetapkan universitas pada tahun sebelumnya. 


4. Jalur yang Digunakan Untuk Mendaftar Masuk Universitas 

Jalur yang Sobat Pijar gunakan untuk mendaftar masuk Universitas Sebelas Maret juga akan mempengaruhi seberapa besar daya tampung untuk masuk. Karena kuota setiap jalur masuk biasanya ditetapkan berbeda-beda. 


Misalnya, kuota untuk mahasiswa baru jalur SBMPTN lebih besar dibandingkan SNMPTN. Hal ini sesuai dengan kebijakan universitas dan jurusan sendiri. 



Daya Tampung Universitas Sebelas Maret Tahun Ajaran 2023

Setelah kita sama-sama memahami faktor penentu besaran daya tampung, sekarang saatnya kita mengetahui daya tampung UNS di tahun 2023. Dikutip langsung dari website resmi Kemdikbud, berikut adalah daya tampung Universitas Sebelas Maret tahun 2023. 






___________________________________________________________________


Baca juga: Daftar Jurusan dan Daya Tampung Universitas Gadjah Mada


Itu dia informasi seputar daya tampung Universitas Sebelas Maret yang perlu kamu tahu. Semoga informasi di atas bisa membantumu mempersiapkan diri untuk masuk ke jurusan impian, ya. 


Buka cuma itu, Pijar Belajar juga selalu siap untuk membantumu dari segi persiapan belajar, lho. Lewat Aplikasi Pijar Belajar, kamu bisa mengasah kemampuan dan pengetahuan kamu melalui berbagai latihan soal dan pembahasannya. 


Kemudian, kamu juga bisa mempelajari berbagai materi lewat rangkuman dan video materi yang ada di Pijar Belajar


Seru banget, ya? Yuk, download Pijar Belajar dan rasakan keseruan belajarnya sekarang!


Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved