Daftar 34 Ibukota Provinsi di Indonesia Terlengkap - Pijar Article
Paket Belajar
Blog
Tes Minat Bakat
Info Lainnya
Masuk

Share :

link iconwa iconfb icontwitter icon

Daftar 34 Ibukota Provinsi di Indonesia Terlengkap

| 0 minute read
Daftar 34 Ibukota Provinsi di Indonesia Terlengkap image

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan jumlah pulau 17.499. Banyak sekali, ya. Untuk mempermudah tata kelola dan pemerintahaan, luas wilayah tersebut dikelompokkan menjadi 34 provinsi dan ibu kota di Indonesia. 


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, provinsi adalah wilayah atau daerah yang dikepalai oleh gubernur. Berbeda dengan itu, ibu kota adalah kota tempat kedudukan pusat pemerintahan suatu negara. Oleh karena itu, biasanya suatu kota merupakan daerah tingkat dua di bawah provinsi. 


Lantas, apa saja 34 provinsi dan ibu kota di Indonesia itu? Berikut adalah daftar 34 provinsi di Indonesia dan ibu kotanya secara berurutan


34 Provinsi dan Ibu Kota di Indonesia

Sebagai salah satu negara dengan wilayah yang luas, tak mengherankan provinsi dan ibu kota di Indonesia berjumlah cukup banyak. Saat ini, terdapat 34 ibu kota provinsi di Indonesia yang tersebar dari berbagai pulau di Indonesia. Ini dia daftar 34 provinsi dan ibu kota di Indonesia. 


1. Nanggroe Aceh Darussalam : Banda Aceh

Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) merupakan provinsi paling barat di Indonesia. Ibu kota provinsi Nanggroe Aceh Darussalam adalah Ibu Kota Banda Aceh. Provinsi ini memiliki luas wilayah 57 956,00 Km2 dengan jumlah pulau 363. 


2. Sumatera Utara : Medan  

Provinsi dan ibu kota di indonesia selanjutnya adalah Provinsi Sumatera Utara. Provinsi Sumatera Utara sendiri beribukota Medan dan memiliki luas wilayah 72 981,23 Km2. Provinsi ini pun memiliki jumlah pulau yang cukup banyak juga, yaitu sebanyak 229. 


Baca juga: 10 Cara Belajar Efektif untuk Ujian 


3. Sumatera Selatan : Palembang  

Provinsi Sumatera Selatan merupakan salah satu provinsi yang terletak di Pulau Sumatera dan beribukota di Palembang. Provinsi dengan ciri khas makanan pempek ini memiliki luas wilayah 91 592,43 Km2 dengan jumlah pulau sebanyak 24 pulau. 


4. Sumatera Barat : Padang 

Provinsi lainnya yang berada di Pulau Sumatera adalah Provinsi Sumatera Barat. Ibu kota Provinsi Sumatera Barat sendiri terkenal dengan makanan gulai dan rendangnya, lho, yaitu Kota Padang. 


Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, Provinsi Sumatera Barat memiliki luas wilayah sebesar 42 012,89 Km2 dengan jumlah pulau sebanyak 218 pulau. 


5. Bengkulu : Bengkulu  

Provinsi dan ibu kota di indonesia yang ada di Indonesia adalah Provinsi Bengkulu. Provinsi Bengkulu sendiri memiliki ibu kota bernama sama dengan provinsinya, yaitu Ibu Kota Bengkulu. 


Wilayah Provinsi Bengkulu sebagian besar berada di Pulau Sumatera dengan luas wilayah sebesar 19 919,33 Km2 dan jumlah pulau sebanyak 9 pulau. 


6. Riau : Pekanbaru 

Provinsi di Indonesia selanjutnya adalah Provinsi Riau. Berlokasi di bagian selatan Pulau Sumatera, Provinsi Riau berada dekat dengan perbatasan wilayah Singapura dan Malaysia. Ibu kota Provinsi Riau adalah Pekanbaru. 


Provinsi Riau sendiri memiliki luas wilayah sebesar 87 023,66 Km2 dengan jumlah pulau yang masuk dalam wilayahnya sebanyak 144 pulau. 

 

7. Kepulauan Riau : Tanjung Pinang

Tidak sedikit orang yang beranggapan Provinsi Riau dengan Provinsi Kepulauan Riau adalah sama, padahal keduanya berbeda. Provinsi Kepulauan Riau adalah provinsi berbentuk kepulauan dan berada dekat dengan Pulau Sumatera. Ibu kota provinsi ini adalah Tanjung Pinang. 


Provinsi Kepulauan Riau berbatasan langsung dengan banyak negara tetangga, seperti Singapura dan Malaysia di sebelah barat dan Vietnam serta Kamboja di sebelah utara. Provinsi ini memiliki luas wilayah sebesar 8 201,72 Km2 dan jumlah pulau sebanyak 2 025 pulau. 


8. Jambi : Jambi  

Provinsi selanjutnya yang ada di Indonesia adalah Provinsi Jambi. Provinsi Jambi merupakan salah satu provinsi yang berlokasi di Pulau Sumatera. Ibu kota Provinsi Jambi bernama sama dengan provinsinya, yaitu Ibu Kota Jambi. 


Berdasarkan letak geografisnya, Provinsi Jambi memiliki luas wilayah 50 058,16 Km2 dengan jumlah pulau sebanyak 14 pulau. 


9. Lampung : Bandar Lampung

Kemudian, salah satu provinsi di Pulau Sumatera lainnya adalah Provinsi Lampung. Provinsi Lampung memiliki ibu kota bernama Kota Bandar Lampung. Provinsi ini memiliki luas wilayah sebesar 34 623,80 Km2 dengan jumlah pulau sebanyak 172 pulau. 

  

10. Bangka Belitung : Pangkal Pinang 

Provinsi terakhir yang ada di Pulau Sumatera adalah Provinsi Bangka Belitung. Provinsi Bangka Belitung memiliki luas wilayah sebesar 16 424,06 Km2 dengan jumlah pulau sebanyak 507 Km2. Ibu kota Provinsi Bangka Belitung adalah Pangkal Pinang. 


11. Kalimantan Barat : Pontianak  

Provinsi Indonesia yang berada di Pulau Kalimantan yang pertama adalah Provinsi Kalimantan Barat. Ibu kota Provinsi Kalimantan Barat adalah Kota Pontianak. Provinsi Kalimantan Barat memiliki jumlah pulau sebanyak 249 dengan luas wilayah sebesar 147 307,00 Km2. 


12. Kalimantan Timur : Samarinda

Masih di Pulau Kalimantan, provinsi di Indonesia selanjutnya adalah Provinsi Kalimantan Timur. Provinsi Kalimantan Timur terdiri dari wilayah kepulauan dengan jumlah pulau sebanyak 243 dengan luas wilayah 129 066,64 Km2. Ibu kota Provinsi Kalimantan Timur adalah Kota Samarinda. 


Baca juga: 10 Bahasa yang Paling Banyak Digunakan di Dunia. Bahasa Indonesia juga Termasuk? 


13. Kalimantan Selatan : Banjarmasin  

Provinsi di Indonesia selanjutnya adalah Provinsi Kalimantan Selatan. Provinsi Kalimantan Selatan memiliki Ibu Kota Banjarmasin sebagai pusat pemerintahannya. Luas wilayah Provinsi Kalimantan Selatan sendiri sebesar 38 744,23 Km2 dengan jumlah pulau 158 pulau. 


14. Kalimantan Tengah : Palangkaraya  

Provinsi dan ibu kota di Indonesia selanjutnya adalah Provinsi Kalimantan Tengah dengan Kota Palangkaraya sebagai ibu kotanya. Provinsi Kalimantan Tengah memiliki luas wilayah sebesar 153 564,50 Km2 dengan jumlah pulau sebanyak 69. 


15. Kalimantan Utara : Bulungan 

Provinsi terakhir yang ada di Pulau Kalimantan adalah Provinsi Kalimantan Utara dengan Kota Bulungan sebagai ibu kotanya. Luas wilayah provinsi ini adalah sebesar 75 467,70 Km2 dengan jumlah pulau sebanyak 196. 


16. Banten : Serang  

Beralih ke Pulau Jawa, salah satu provinsi Indonesia di Pulau Jawa adalah Provinsi Banten dengan Kota Serang sebagai ibu kotanya. Banten memiliki luas wilayah sebesar 9 662,92 Km2 dengan jumlah pulau 81.

 

17. DKI Jakarta : Jakarta  

Provinsi di Indonesia selanjutnya adalah provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta (DKI Jakarta) dengan Ibu Kota Jakarta. Ibu Kota Jakarta juga menjadi Ibu Kota dari negara Indonesia. DKI Jakarta sendiri memiliki luas wilayah 664,01 Km2 dengan jumlah pulau sebanyak 113. 


18. Jawa Barat : Bandung  

Masih berasal dari Pulau Jawa, provinsi selanjutnya yang ada di Indonesia adalah Provinsi Jawa Barat. Ibu Kota Jawa Barat adalah Bandung yang juga menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Pulau Jawa. 

Jawa Barat memiliki luas wilayah sebesar 35 377,76 Km2 dan memiliki jumlah pulau sebanyak 31 pulau. 


19. Jawa Tengah : Semarang  

Provinsi dan ibu kota di Indonesia selanjutnya adalah Provinsi Jawa Tengah dengan Kota Semarang sebagai ibukotanya. Provinsi Jawa Tengah sendiri memiliki luas wilayah sebesar 32 800,69 Km2 dengan pulau berjumlah 71. 


20. DI Yogyakarta : Yogyakarta  

Provinsi di Indonesia selanjutnya memiliki gelar cukup unik, lho, Sobat Pijar, yaitu provinsi bergelar daerah istimewa. Yup, provinsi di Indonesia selanjutnya adalah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DI Yogyakarta) dengan Ibu Kota Yogyakarta. 


Daerah Istimewa Yogyakarta sendiri memiliki luas wilayah 3 133,15 Km2 dengan jumlah pulau sebanyak 33 pulau. 


21. Jawa timur : Surabaya  

Selanjutnya, Indonesia memiliki Provinsi Jawa Timur dengan Ibu Kota Surabaya. Provinsi Jawa Timur sendiri memiliki luas wilayah sebesar 47 803,49 Km2 dan menjadi provinsi paling luas di Pulau Jawa. Adapun, jumlah pulau yang termasuk ke dalam wilayah provinsi ini berjumlah 403. 


22. Bali : Denpasar  

Salah satu provinsi yang cukup terkenal dan menjadi salah satu tempat wisata favorit mancanegara adalah Provinsi Bali. Di Bali, kota yang dinobatkan menjadi ibu kotanya adalah Denpasar. Wilayah Provinsi Bali pun seluas 5 780,06 Km2 dengan jumlah pulau 34. 


23. Nusa Tenggara Timur : Kupang  

Provinsi dan ibu kota Indonesia selanjutnya adalah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Provinsi Nusa Tenggara Timur merupakan provinsi paling selatan di Indonesia dan berbentuk kepulauan dengan jumlah pulau wilayahnya sebanyak 600 pulau. Total luas wilayah provinsi ini pun seluas 48 718,10 Km2.

 

24. Nusa Tenggara Barat : Mataram  

Selanjutnya, Indonesia juga memiliki provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Nusa Tenggara Barat sendiri lokasinya berdekatan dengan Nusa Tenggara Timur dan sama-sama berbentuk kepulauan. 


Luas wilayah Nusa Tenggara Barat adalah 18 572,32 Km2 dengan jumlah pulau 504. Ibu kota Nusa Tenggara Barat adalah Kota Mataram. 


25. Gorontalo : Gorontalo  

Provinsi di Indonesia selanjutnya adalah Provinsi Gorontalo. Berlokasi di Pulau Sulawesi, Provinsi Gorontalo memiliki luas wilayah sebesar 11 257,07 Km2 dan pulau berjumlah 127 pulau. Provinsi ini memiliki ibu kota yang bernama sama, yaitu Kota Gorontalo. 


26. Sulawesi Barat : Mamuju  

Provinsi selanjutnya yang ada di Pulau Sumatera adalah Provinsi Sulawesi Barat. Provinsi Sulawesi Barat sendiri beribukotakan Kota Mamuju. Provinsi ini memiliki luas wilayah sebesar 16 787,18 Km2 dan terdiri dari 69 pulau. 


27. Sulawesi Tengah : Palu  

Provinsi Sulawesi Tengah menjadi provinsi selanjutnya yang ada di Indonesia. Sesuai dengan namanya, Provinsi Sulawesi Tengah berlokasi di bagian tengah Pulau Sulawesi. 


Provinsi ini memiliki wilayah seluas 61 841,29 Km2 dan terdiri dari 1.572 pulau. Ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah adalah Kota Palu. 


28. Sulawesi Utara : Manado  

Masih berasal dari Pulau Sulawesi, provinsi selanjutnya yang ada di Indonesia adalah Provinsi Sulawesi Utara. Ibu kota Provinsi Sulawesi Utara adalah Kota Manado. 


Luas wilayah yang dimiliki Provinsi Sulawesi Utara adalah 13 892,47 Km2 dengan jumlah pulau yang dimiliki sebanyak 329 pulau. 


29. Sulawesi Tenggara : Kendari  

Ibu kota dan provinsi selanjutnya yang ada di Indonesia adalah Provinsi Sulawesi Tenggara dengan ibukota Kota Kendari. Provinsi ini memiliki luas wilayah seluas 38 067,70 Km2 dengan jumlah pulau sebanyak 590 pulau. 


30. Sulawesi Selatan : Makassar 

Provinsi terakhir yang ada di Pulau Sulawesi adalah Provinsi Sulawesi Selatan. Provinsi dengan luas wilayah 46 717,48 Km2 dan jumlah pulau sebanyak 355 ini beribu kotakan Makassar. 


31. Maluku Utara : Sofifi 

Beralih ke pulau paling timur di Indonesia, yaitu Pulau Papua, provinsi selanjutnya yang ada di Indonesia adalah Provinsi Maluku Utara. Wilayah Provinsi Maluku Utara sendiri memiliki luas sebesar 31 982,50 Km2 dengan jumlah pulau sebanyak 837 pulau. 


Pada awalnya, Provinsi Maluku Utara beribu kotakan Ternate, namun, pada 2010 ibu kota Maluku Utara berpindah ke Kota Sofifi. Ibu Kota Sofifi sendiri terletak di Pulau Halmahera yang merupakan pulau terbesar di provinsinya. 


32. Maluku : Ambon  

Ibu kota provinsi selanjutnya adalah Ibu Kota Ambon yang berlokasi di Provinsi Maluku. Provinsi Maluku sendiri memiliki wilayah seluas 46 914,03 Km2 dan berbentuk kepulauan dengan jumlah pulau sebanyak 1.337 pulau. 


33. Papua Barat : Manokwari  

Provinsi di Indonesia selanjutnya adalah Provinsi Papua Barat. Provinsi Papua Barat sendiri memiliki Kota Manokwari sebagai ibu kotanya. Papua Barat pun menjadi provinsi dengan jumlah pulau terbanyak, yaitu sebanyak 4.514 pulau. Luas wilayah provinsi ini sebesar 102 955,15 Km2. 


34. Papua : Jayapura  

Terakhir, provinsi di Indonesia adalah Provinsi Papua dengan Kota Jayapura sebagai ibu kotanya. Provinsi Papua merupakan provinsi paling timur di Indonesia. Provinsi ini memiliki luas 319 036,05 Km2 dengan jumlah pulau sebanyak 547 pulau. 


-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Itu dia, Sobat Pijar, daftar 34 provinsi dan ibu kota di Indonesia terlengkap yang perlu kamu ketahui. Jika kamu ingin mengetahui lebih banyak tentang letak provinsi dan geografis Indonesia lainnya, Pijar Belajar memiliki banyak konten pembelajaran Geografi yang bisa kamu simak, lho. 


Pijar Belajar adalah platf orm belajar online yang bisa kamu pakai kapan pun dan dimana pun. Materi pembelajaran yang tersedia pun lengkap, mulai dari tingkat SD, SMP, hingga SMA. Kamu bisa menggunakan Pijar Belajar dengan mengunduh aplikasinya di App Store ataupun Play Store. Simple banget, kan? 


Yuk, coba gunakan Pijar Belajar

Artikel Lainnya

 image

 image

 image

 image