pijarbelajar

Bahasa Inggris

Contoh Kalimat Conditional Sentence Type 3: Pengertian, Fungsi dan Rumus

Superadmin

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Contoh Kalimat Conditional Sentence Type 3: Pengertian, Fungsi dan Rumus image

Pernah gak Sobat Pijar menyesali sesuatu yang sudah lewat? Misalnya berandai-andai kalau saja kemarin tidak makan rujak kebanyakan, pasti hari ini bisa ikut teman-teman pergi wisata. Nah, Sobat Pijar, kalimat seperti di atas itu disebut kalimat pengandaian atau contoh kalimat Conditional Sentence type 3. Masih bingung? Yuk, pelajari lebih lanjut di artikel ini!


Pengertian Conditional Sentence Type 3

Kalimat conditional Sentence type 3 adalah kalimat yang dipakai untuk mengandaikan keadaan yang sudah lewat. Sehingga, hal tersebut sudah tidak bisa diperbaiki, itulah mengapa kalimat type 3 ini terkesan seperti kalimat penyesalan.


Fungsi Conditional Sentence Type 3

Kalimat conditional Sentence type 3 yang dipakai pada dasarnya menyatakan keadaan yang ingin diperbaiki lalu diikuti dengan pernyataan situasi yang sudah terlewat itu. Tapi karena sudah lewat, sebenarnya percuma berandai-andai karena tidak ada lagi yang bisa dilakukan.


Itu sebabnya contoh kalimat conditional sentence type 3 dimulai dengan berharap bisa memperbaiki, baru diikuti dengan kenyataan yang sebenarnya yang sudah terjadi. Fungsinya menyatakan harapan dan penyesalan tapi tidak bisa berbuat apa-apa lagi.


Rumus Conditional Sentence Type 3

Supaya mudah, nih Sobat Pijar bisa memanfaatkan rumus yang sudah disusun khusus untuk tipe 3. Rumus ini nantinya bisa dipakai untuk contoh kalimat Conditional Sentence type 3 positif ataupun kalimat negatif, yaitu:



Atau susunannya dibalik menjadi


Contoh kalimat Conditional Sentence type 3 example itu kayak gini nih:

The thief wouldn’t have stolen her bag if Dina had locked her locker door.

(Pencuri tidak akan mengambil tasnya kalau saja Dina mengunci pintu lokernya)


Makna contoh kalimat conditional sentence type 3 di atas adalah orang ini menyesal tidak mengunci pintu lokernya, sehingga pencuri bisa mengambil tas yang disimpan di dalamnya. 


Tapi karena tasnya sudah hilang, nyesel juga percuma karena tidak ada yang bisa dilakukannya lagi.


Contoh Kalimat Conditional Sentence Type 3 Positif Beserta Real Fact-nya

Nah, Sobat Pijar, sekarang coba perhatikan contoh kalimat Conditional Sentence type 3 beserta real-fact positif di bawah ini. Jadi kamu bisa memahaminya dengan lebih baik.


1. I would have answered the questions correctly if I had paid more attention to what my mentor said. (Saya akan bisa menjawab pertanyaan dengan benar jika saya lebih memperhatikan apa yang dikatakan oleh pembimbing saya).

Kenyataan:

I did not pay attention to what my mentor said so I did not answer the question. (Saya tidak memperhatikan apa yang dikatakan oleh pembimbingnya maka saya tidak bisa menjawab dengan benar).


2. I would have gone to England if I could get the visa. (Saya akan bisa pergi ke Inggris jika saya bisa mendapatkan visanya).

Kenyataan:

I did not get the visa so I did not go to England. (Saya tidak mendapatkan visa karena itu saya tidak pergi ke Inggris).


3. I would have cooked your favorite soup if I had known that you had gotten ill. (Saya akan memasak sup kesukaanmu kalau saya tahu kamu jatuh sakit).

Kenyataan:

I did not know that you are ill so I did not cook your favorite soup. (Saya tidak tahu kamu sakit, maka saya tidak membuatkan sup kesukaanmu).


4. I would have gotten soaked if it had rained this morning. (Saya akan basah kuyup jika tadi pagi hujan).

Kenyataan:

It did not rain this morning so I did not soak. (Tadi pagi tidak hujan maka saya tidak basah kuyup).


5. Mother would have been sad if Father had to go abroad. (Ibu akan sedih jika Ayah harus pergi ke luar negeri).

Kenyataannya:

Father did not go abroad so Mother was not sad. (Ayah tidak pergi ke luar negeri, jadi Ibu tidak sedih).


Contoh Kalimat Conditional Sentence Type 3 Negatif Beserta Real Fact-nya

Selain kalimat positif, contoh kalimat Conditional Sentence type 3 juga bisa dibuat sebagai kalimat negatif, lho. Lihat deh contoh third conditional kalimat negatif seperti berikut:


1. If Rudi had taken a motorbike, he would not have arrived late. (Jika Rudi naik motor, ia tidak akan tiba terlambat).

Kenyataannya:

Rudi did not take a motorbike so he arrived late. (Rudi datang terlambat karena tidak mengendarai motor yang bisa bergerak lebih cepat).


2. I would not have gotten here on time if you had not helped me. (Saya tidak akan sampai di sini tepat waktu kalau kamu tidak membantu saya).

Kenyataannya:

You helped me so I got here on time. (Jika tidak dibantu maka saya akan datang terlambat).


3. You would not get fired if you had not insulted your boss. (Kamu tidak akan diberhentikan jika kamu tidak menghina atasanmu).

Kenyataannya:

You insulted your boss so you got fired. (Kamu menghina bosmu, sehingga kamu dipecat).


4. If she had not taken the short course, Dian would not have received the certificate. (Jika dia tidak mengambil kursus singkat itu, Dian tidak akan menerima sertifikat).

Kenyataannya:

She did take the short course so she did get the book package. (Dia mengikuti kursus singkatnya sehingga menerima paket buku).


___________________________________________________


Itulah beberapa contoh kalimat Conditional Sentence type 3 yang kita bahas kali ini. Sobat Pijar bisa melihat perbedaannya dalam setiap contoh kalimat yang dibuat di atas. Latih terus Bahasa Inggrisnya, ya?


Jika ingin melatih bahasa Inggrismu, aplikasi Pijar Belajar bisa membantumu lho! Selain terdiri dari video pembahasan materi, ada banyak juga latihan-latihan soal yang bisa kamu akses jika ingin terbiasa mengerjakan soal ujian.


Yuk, gunakan Pijar Belajar sekarang juga! Klik banner di bawah ini untuk mengasah pemahamanmu lewat soal-soal Pijar Belajar.


Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved