Catat! 5 Hal yang Wajib Kamu Lakukan Sebelum Mengikuti UTBK 2022! - Pijar Article
Paket Belajar
Blog
Tes Minat Bakat
Info Lainnya
Masuk

Share :

link iconwa iconfb icontwitter icon

Catat! 5 Hal yang Wajib Kamu Lakukan Sebelum Mengikuti UTBK 2022!

| 0 minute read
Catat! 5 Hal yang Wajib Kamu Lakukan Sebelum Mengikuti UTBK 2022! image

Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) akan dilaksanakan kurang dari seminggu lagi. Yuk perhatikan checklist yang harus kamu persiapkan di bawah!

 

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Ikut UTBK SBMPTN 2022


1. Dokumen

Pastikan kamu sudah menyiapkan dokumen di satu map untuk dibawa ketika akan mengikuti tes UTBK. Dokumen ini berisi Kartu Tanda Peserta UTBK 2022, fotokopi ijazah bagi lulusan 2020 dan 2021 atau Surat Keterangan Lulus (SKL) bagi lulusan 2022, pas foto berwarna terbaru, dan identitas diri seperti KTP, SIM, Kartu Pelajar atau paspor. Jangan lupa juga untuk membawa surat vaksin jika sewaktu-waktu diminta, perlu dicatat bahwa tiap tempat ujian biasanya memberlakukan peraturan yang berbeda-beda. 


2. Kebutuhan Pribadi

Karena tiap individu memiliki kebutuhan pribadi, pastikan kamu tahu apa yang dirimu

butuhkan. Misalnya, obat-obatan pribadi, bekal sarapan, air mineral, hingga mukena bagi Muslim. Meskipun PPKM sudah berakhir di seluruh Indonesia, tetap jaga-jaga dengan menggunakan masker dan membawa hand sanitizer ya!  


3. Alat Tulis

Walaupun ujian berlangsung secara online, pulpen dan pensil wajib ada di tasmu ya! Jangan lupa juga untuk menyediakan kertas untuk menghitung soal yang membutuhkan perhitungan.

Biasanya, panitia ujian menyediakan kertas seperti ini namun tak ada salahnya juga menyiapkan sendiri. 


4. Cek Ruangan Ujian

Sehari sebelum jadwal ujianmu, luangkan waktu untuk mengecek ruangan ujian. Ini dilakukan agar kamu merasa familiar dengan lingkungan lokasi tersebut. Jika kamu sudah familiar dengan area lokasi ujian, ini akan mengurangi kemungkinan terjadinya drama dan hal yang tak diinginkan pada hari-H. Apalagi, ujian biasanya berlokasi di kampus negeri yang luas dan terdiri dari berbagai fakultas. Melakukan pengecekan lokasi ini juga membuatmu bisa memperkirakan waktu yang dibutuhkan untuk sampai di tempat ujian tanpa terlambat. 


5. Jaga Kesehatan dan Istirahat yang Cukup

Menjelang ujian, rasa cemas kerap kali menghantui sehingga jadwal belajar dibuat sepadat

mungkin. Jangan sampai ngambis bikin kamu nge-skip makan dan olahraga, ya! Pastikan juga tubuhmu mendapat istirahat yang cukup dan tidak begadang untuk marathon drama korea hingga pagi. Ingat, healthy body lead to a healthy mind!


Baca juga: Permintaan dan Penawaran - Teori, Hukum, Faktor, dan Kurva

_______________________________________________________



Itulah hal-hal yang harus kamu lakukan menjelang UTBK-SBMPTN 2022. Kalau bisa, pastikan semua hal di atas kamu persiapkan dari jauh-jauh hari, ya! Semoga bermanfaat.


Oh iya, kamu bisa gunakan Pijar Belajar sebagai teman belajarmu mengejar UTBK-SBMPTN lho, Sobat Pijar! Kamu bisa mengakses ribuan latihan soal dan penjelasannya dalam bentuk video sesuai dengan kebutuhanmu! Wah, dijamin lebih siap menghadapi UTBK deh!


Yuk, download Pijar Belajar sekarang juga!

Artikel Lainnya

 image

 image

 image

 image