pijarbelajar

Lainnya

Cara Meningkatkan Kinerja Otak

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

0

Cara Meningkatkan Kinerja Otak image

Kamu sering kesulitan dalam memahami materi pelajaran? Kalau iya, yuk coba lakukan beberapa cara untuk meningkatkan kinerja otak di bawah ini.


Selain bermanfaat untuk memudahkanmu dalam memahami materi pelajaran yang disampaikan guru, meningkatkan kinerja otak juga bisa membawa banyak manfaat untuk diri sendiri, seperti meningkatkan produktivitas diri dan kemampuan berpikir kreatif. Karena saat kinerja otak meningkat, kamu akan lebih bersemangat dalam mengerjakan semua hal, termasuk belajar. 


Aktivitas Ringan Untuk Meningkatkan Kinerja Otak

Tahukah kamu selain mudah dilakukan, beberapa cara meningkatkan kinerja otak di bawah ini bisa kamu lakukan sambil melakukan aktivitas sehari-hari lho. Untuk itu, yuk segera terapkan beberapa aktivitas ringan untuk meningkatkan kinerja otak di bawah ini:

 

1. Lakukan hobi

Melakukan hobi merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan namun tetap bermanfaat untuk meningkatkan kinerja otak. Karena saat melakukan hobi otak akan terlatih untuk bisa memecahkan masalah dan menemukan ide-ide kreatif, khususnya untuk hobi yang memang memerlukan kreativitas diri (seperti melukis atau bermain alat musik).


Selain itu, melakukan hobi juga bermanfaat untuk membuat pikiranmu menjadi lebih segar dan menghilangkan stres yang mungkin sedang kamu rasakan. Jadi nantinya kamu bisa selalu belajar dengan lebih semangat.


2. Main game

Siapa bilang game hanya bisa membawa dampak buruk. Faktanya ada game yang justru bermanfaat untuk membantumu meningkatkan kinerja otak lho. Tapi bukan sembarangan game ya, game yang bisa bermanfaat untuk meningkatkan kinerja otak adalah scrabble.


Scrabble adalah permainan menyusun kata di papan yang dimainkan 2 sampai 4 orang untuk mengumpulkan poin berdasarkan nilai kata yang dibentuk dari keping huruf yang tersedia. Saat menentukan kata, otak akan secara tidak langsung akan berpikir dengan kritis. Hal inilah yang kemudian bisa bermanfaat untuk meningkatkan kinerja otak. Selain itu, scrabble juga secara tidak langsung bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Karena semua kata yang digunakan dalam permainan scrabble menggunakan Bahasa Inggris.


3. Bergaul dan dapatkan teman baru

Meskipun terlihat sederhana, faktanya bergaul dan mendapatkan teman baru bisa bermanfaat untuk meningkatkan kinerja otak. Karena saat berteman kamu bisa mengenal berbagai karakter orang dan mendapatkan banyak informasi baru. Hal inilah yang bisa bermanfaat untuk meningkatkan kinerja otak.


4. Terus belajar hal baru

Salah satu cara ampuh untuk meningkatkan kinerja otak dengan terus mempelajari hal baru, bahkan hal baru di luar bidang pekerjaan yang sedang kamu tekuni sekalipun. Karena dengan terus mempelajari hal baru, maka pikiran akan terbiasa untuk bisa berpikir dengan cermat, kritis, dan selalu fokus.


Baca Juga: Hati-Hati! Ini 4 Kesalahan yang Paling Sering Dilakukan Saat Akan Mengikuti TOEFL


5. Tidur yang cukup

Ayo coba ingat lagi kira-kira kapan terakhir kali kamu bisa tidur tepat waktu dengan durasi yang cukup (6-8 jam setiap malam)? Kalau ternyata kamu sudah lama tidak bisa tidur yang cukup, mulai sekarang ada baiknya kamu mulai membiasakan diri untuk tidur yang cukup. Karena tidur yang cukup benar-benar terbukti efektif untuk meningkatkan kinerja otak.


6. Rajin olahraga

Sesibuk-sibuknya kamu saat belajar usahakan untuk selalu rutin olahraga ya. Gak perlu olahraga yang perlu mengeluarkan banyak keringat seperti berenang atau basket kok. Karena jalan kaki bersama hewan peliharaan atau melakukan lompat tali dengan durasi 5-10 menit saja sudah cukup bermanfaat untuk kinerja otak. Agar kamu bisa tidur dengan nyenyak di malam hari, bila perlu kamu bisa minum susu terlebih dahulu sebelum tidur.


7. Sesekali ubah jadwal kegiatan

Jika selama ini kamu termasuk orang yang sangat senang dengan keteraturan dan selalu mengikuti jadwal yang telah ditentukan dalam satu minggu, sesekali tidak ada salahnya jika kamu mengubah jadwal kegiatan. Misalnya dengan mengubah jadwal olahraga yang tadinya sore menjadi pagi hari sebelum berangkat sekolah. Karena sedikit mengubah jadwal kegiatan atau mencoba hal baru telah terbukti bermanfaat untuk meningkatkan kinerja otak dan membuat tubuh lebih produktif.


8. Menulis buku harian

Meskipun terlihat sederhana, faktanya menulis buku harian juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan kinerja otak. Karena dengan menulis buku harian dan ‘mencurahkan’ semua isi hati dan pikiran akan ‘mempertajam’ pola pikir. Selain itu, menulis buku harian juga bermanfaat untuk meningkatkan kreativitas diri dan kemampuan menganalisis. Jadi, kamu secara tidak langsung juga bermanfaat untuk meningkatkan prestasi akademik. Namun, tetap pastikan semua kewajiban telah kamu lakukan dengan baik ya.


_________________________________________


Nah, itu tadi beberapa aktivitas ringan yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kinerja otak. Jadi, mulai sekarang jangan ragu untuk segera melakukan beberapa aktivitas di atas ya. Karena melakukan aktivitas ringan memang terbukti bermanfaat untuk meningkatkan kinerja otak, sehingga memudahkanmu dalam memahami materi pelajaran. Sehingga prestasi akademikmu juga bisa semakin meningkat.


Untuk semakin meningkatkan kemampuanmu dan pemahaman pada suatu materi pelajaran, yuk gunakan Pijar Belajar. Pijar Belajar adalah aplikasi yang dirancang untuk siswa agar mendapatkan suplemen pembelajaran di sekolah yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja tanpa terhalang ruang dan waktu. Aplikasi Pijar Belajar dilengkapi oleh beragam fitur unggulan yang dapat digunakan siswa dalam proses belajar lebih mudah dan lebih menarik.


Selain itu, menariknya lagi Pijar Belajar memiliki fitur latihan soal yang berbentuk seperti game di handphone. Jadi, kamu akan mendapatkan banyak ilmu tanpa merasa terbebani sama sekali. Menarik banget kan. Jadi, yuk gunakan aplikasi Pijar Belajar sekarang juga.


Referensi

https://www.topuniversities.com/blog/7-ways-boost-brain-power-while-studying 

https://www.everydayhealth.com/longevity/mental-fitness/brain-exercises-for-memory.aspx 

https://www.medicalnewstoday.com/articles/brain-exercises 

https://www.healthline.com/health/mental-health/brain-exercises 

Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved