Cara Menghitung Pecahan Biasa dan Pecahan Campuran - Pijar Article
Paket Belajar
Blog
Tes Minat Bakat
Info Lainnya
Masuk

Share :

link iconwa iconfb icontwitter icon

Cara Menghitung Pecahan Biasa dan Pecahan Campuran

| 0 minute read
Cara Menghitung Pecahan Biasa dan Pecahan Campuran image

Selama belajar matematika, kamu mungkin banyak melihat banyak bentuk bilangan, mulai dari bilangan bulat, desimal, genap, ganjil, dan sebagainya. Nah, memasuki kelas 5 SD ini, kamu akan bertemu dengan bentuk bilangan baru, yaitu bentuk bilangan pecahan. 


Sobat Pijar ada yang sudah tahu belum contoh bilangan pecahan itu seperti apa? Kalau kamu belum tahu, tak perlu khawatir karena sekarang Pijar Belajar mau ajak kamu untuk memahami bilangan pecahan dan cara menghitung pecahan tersebut. Simak terus, ya! 


Apa itu Pecahan Biasa dan Pecahan Campuran? 

Pecahan merupakan bentuk bilangan yang melambangkan bagian dari keseluruhan yang dipisahkan dengan lambang garis miring (/) atau garis bagi ( _ ). Bilangan di atas garis pembagi disebut dengan pembilang, sedangkan bilangan di bawah garis pembagi disebut dengan penyebut. Contoh perhitungan pecahan adalah sebagai berikut. 


Misalnya, kamu diberikan satu kue ulang tahun dari keluargamu. Lalu, adik, kakak, sepupu, papa, dan mama kamu ingin kue tersebut. Nah, cara membagi kue tersebut secara merata adalah dengan menggunakan bentuk pecahan. 


Dikarenakan pecahan merupakan bagian dari keseluruhan, maka bentuk pecahan dalam contoh tersebut adalah 1 (jumlah kue atau keseluruhan) dibagi 5 (jumlah orang yang ingin dibagi atau penyebut). Bentuk pecahan dari contoh tersebut adalah ⅕. 


Pecahan sendiri terdiri dari 2 bentuk, yaitu pecahan biasa dan pecahan campuran. Pecahan biasa merupakan pecahan yang terdiri dari pembilang dan penyebut, contohnya ⅕ atau ⅓. Kemudian, pecahan campuran merupakan pecahan yang terdiri dari bilangan bulat dan bilangan pecahan, contohnya seperti 2⅓ atau 9½. 


Baca juga: Gagal UTBK-SBMPTN Bukan Akhir dari Segalanya, Coba Lakukan Hal ini


Cara Mengubah Pecahan Campuran ke Pecahan Biasa

Salah satu bentuk soal yang kerap kali diujikan dalam materi pecahan adalah perubahan bentuk pecahan campuran menjadi pecahan biasa. Berikut adalah cara mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa yang perlu kamu tahu. 



Cara Mengubah Pecahan Biasa Menjadi Pecahan Campuran

Bukan hanya pecahan campuran saja yang bisa berubah bentuk menjadi pecahan biasa, pecahan biasa pun juga bisa berubah bentuk menjadi pecahan campuran. Ini dia cara mengubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran. 



Cara Menghitung Pecahan Biasa

Sebagai salah satu bentuk bilangan, pecahan dapat dihitung menggunakan perhitungan aritmatika. Berikut adalah cara menghitung penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian pecahan biasa. 


1. Penjumlahan Pecahan

Penjumlahan pecahan dengan penyebut yang sama caranya cukup mudah, yaitu kamu hanya perlu menjumlahkan pembilangnya saja.


Namun, berbeda jika pecahan memiliki penyebut yang berbeda. Penjumlahan pecahan dengan angka penyebut yang berbeda-beda perlu disamakan terlebih dahulu. Kamu bisa menyamakan penyebut dengan mencari faktorisasi prima atau dengan mencari kelipatan dari kedua penyebut. 


Setelah disamakan, barulah kamu dapat menghitung penjumlahan pecahannya dengan cara berikut. 



2. Pengurangan Pecahan

Tak jauh berbeda dengan penjumlahan, berikut adalah cara mengerjakan pengurangan pecahan. 



3. Perkalian Pecahan

Berbeda dengan pengurangan dan penjumlahan, perkalian pecahan memiliki cara pengerjaan yang lebih simple. Kamu hanya perlu mengalikan penyebut dan pembilang pecahan saja. Cara penyelesaian ini berlaku untuk pecahan dengan pembilang sama maupun beda. Contohnya seperti berikut ini. 



4. Pembagian Pecahan

Nah, dari seluruh perhitungan aritmatika pecahan, pembagian pecahan memiliki cara pengerjaan yang paling rumit. Cara penyelesaian pembagian pecahan ini dapat disebut dengan cara kupu-kupu. 


Nama tersebut diberikan karena cara menghitung pembagian pecahan adalah dengan mengalikan penyebut dan pembilang secara bersilangan yang menyerupai kupu-kupu. Supaya Sobat Pijar lebih paham, ini dia contoh perhitungan pembagian pecahan. 



Cara Menghitung Pecahan Campuran

Seperti yang sebelumnya sudah disampaikan, pecahan terdiri dari 2 bentuk, yaitu pecahan biasa dan pecahan campuran. Keduanya pun memiliki cara perhitungan yang sedikit berbeda. 


1. Penjumlahan Pecahan Campuran

Sebenarnya, penjumlahan pecahan campuran memiliki cara yang sama dengan penjumlahan pecahan biasa. Hanya saja, kamu perlu mengubah bentuk pecahan campuran menjadi pecahan biasa terlebih dahulu. Setelah itu, barulah kamu bisa menggunakan cara penjumlahan pecahan biasa. 


2. Pengurangan Pecahan Campuran

Sama seperti cara perhitungan penjumlahan pecahan campuran, pengurangan pecahan campuran pun dapat dilakukan dengan cara mengubah bentuk pecahan tersebut menjadi pecahan campuran terlebih dahulu. 


Setelahnya, barulah kamu bisa memasukkan cara menghitung pengurangan pecahan seperti pada pecahan biasa. 


3. Perkalian Pecahan Campuran

Untuk perkalian pecahan campuran, cara penyelesaiannya pun sama, yaitu penyebut dikalikan dengan penyebut dan pembilang dikalikan dengan pembilang. 


Namun, kamu perlu mengubah bentuk pecahan campuran menjadi pecahan biasa terlebih dahulu. Setelah itu, barulah kamu bisa memasukkan rumus menghitung perkalian pecahan seperti yang sebelumnya sudah dijelaskan. 


4. Pembagian Pecahan Campuran

Terakhir, aritmatika pembagian pecahan campuran juga dapat diselesaikan dengan cara kupu-kupu seperti pecahan biasa. Hanya saja kamu juga perlu mengubah bentuk pecahannya menjadi pecahan biasa terlebih dahulu. 


Jika kamu sudah selesai mengubah bentuk pecahannya, barulah kamu bisa memasukkan rumus menghitung pembagian pecahan seperti yang sebelumnya. 


________________________________________________________


Baca juga: 7 Cara Belajar Matematika yang Mudah dan Efektif


Itu dia Sobat Pijar cara mengerjakan pecahan mulai dari penjumlahan, pengurangan, perkalian, hingga pembagian yang perlu kamu tahu. Sekarang kamu jadi tidak perlu kebingungan lagi, ya, jika bertemu soal pecahan di ujian nanti. 


Untuk mengasah pengetahuanmu terkait materi pecahan, coba kerjakan latihan soal materi pecahan di Pijar Belajar, yuk! Pijar Belajar juga menyediakan pembahasannya, lho, yang bisa kamu gunakan untuk mengoreksi jawaban yang kurang tepat. 


Berbagai latihan soal dan pembahasan materi pecahan ini bisa kamu dapatkan di Pijar Belajar. Yuk, download dan buat akun Pijar Belajar sekarang! 


Referensi: 

https://buku.kemdikbud.go.id/katalog/matematika-untuk-sd-kelas-v-vol-2

Artikel Lainnya

 image

 image

 image

 image