Cara Mengatasi Demam Panggung saat Harus Berbicara di Depan Kelas - Pijar Article
Paket Belajar
Blog
Tes Minat Bakat
Info Lainnya
Masuk

Share :

link iconwa iconfb icontwitter icon

Cara Mengatasi Demam Panggung saat Harus Berbicara di Depan Kelas

| 0 minute read
Cara Mengatasi Demam Panggung saat Harus Berbicara di Depan Kelas image

Dag dig dug… Jantung berdegup kencang dan mendadak keringat dingin mengucur di dahi. Eits, tapi ini bukan karena mau ketemu gebetan, ya, melainkan karena disuruh presentasi kedepan. Hayo, siapa Sobat Pijar yang kerap merasakan hal ini? Jika iya, bisa jadi kamu mengalami demam panggung, lho


Pas banget, nih, karena sekarang Pijar Belajar mau kasih kamu tips untuk mengatasi demam panggung. Kira-kira apa, sih, demam panggung itu? Lalu, bagaimana cara mengatasi demam panggung? Yuk, kita bahas sama-sama! 


Baca juga: 6 Cara Mengatasi Overthinking dalam Belajar


Apa itu Demam Panggung?

Saat harus berbicara di depan banyak orang, pernahkah kamu merasa tangan bergetar, tenggorokan terasa kering, mual, pusing, hingga keringat dingin? Tahukah kamu, ternyata ciri-ciri tersebut merupakan gejala yang biasa dialami orang-orang demam panggung, lho


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, demam panggung adalah perasaan tidak tenang (gugup) pada waktu berada di atas panggung (pentas). Tapi, kamu tak perlu khawatir, demam panggung ini cukup umum, kok, dialami oleh orang-orang. Namun, jika kamu merasa terganggu dengan demam panggung ini, Sobat Pijar bisa coba konsultasikan dengan psikolog. 


Kenapa Kita Demam Panggung? 

Setelah kita memahami apa itu demam panggung, selanjutnya timbul pertanyaan baru “Kenapa, ya, kita mengalami demam panggung?” 


Dikutip dari Youtube TED-Ed, sebagai seorang makhluk sosial kita pasti khawatir dengan reputasi di mata orang. Kekhawatiran seperti “Duh, aku terlihat bodoh, ya?” “Kenapa dia ngeliatin terus? Apa aku jelek?” dan sebagainya inilah yang menjadi tanda ancaman di otak kita dan biasanya kekhawatiran ini bisa dipicu karena public speaking


Perasaan terancam itu pun menjadi pesan yang dikirimkan sel saraf menuju hipotalamus. Kemudian, Hipotalamus akan menerima pesan tersebut dan mengirimkannya pada kelenjar hipofisis untuk mengeluarkan hormon ACTH. Hormon ACTH ini berperan besar dalam merespon rasa stress yang kamu alami. 


Hormon tersebut pun membuatmu merasa leher dan punggung menjadi lebih tegang, kaki gemetar, berkeringat, tekanan darah meningkat, mual, hingga pandangan terasa kabur. Akhirnya, hal ini pun membuatmu merasa demam panggung, deh


Cara Mengatasi Demam Panggung

Tenang, walaupun terasa menyulitkan, demam panggung dapat diatasi, kok. Setelah kita sama-sama memahami penyebab demam panggung, dapat kita simpulkan bahwa sebab utama demam panggung adalah rasa stress dan kekhawatiran dalam diri kita. Oleh karena itu, cara mengatasinya pun adalah dengan mengelola kekhawatiran tersebut. 


Dikutip dari berbagai sumber, berikut tujuh cara mengatasi demam panggung yang bisa Sobat Pijar coba. Simak, ya! 


1. Persiapkan Catatan

Cara mengatasi demam panggung yang pertama adalah mempersiapkan catatan. Salah satu kekhawatiran yang muncul saat harus berbicara di depan banyak orang adalah lupa materi yang ingin disampaikan. Nah, supaya kamu nggak lupa, coba persiapkan catatan, yuk. 


Catatan ini pun sebaiknya nggak berbentuk panjang, ya. Coba saja kamu bayangkan, jika saat berbicara kamu lupa materi selanjutnya tapi catatan yang kamu bawa adalah keseluruhan makalahmu yang terdiri dari beratus-ratus lembar. Wah, pastinya akan sulit, ya, mencarinya. 


Oleh karena itu, kamu bisa membuat catatan dengan menggunakan kata kunci saja. Misalnya seperti list topik besar yang ingin disampaikan dan istilah-istilah yang sulit diingat. Ohiya, masukkan juga gambar senyum supaya kamu tak lupa tersenyum, ya! 


2. Latihan Berbicara di Depan Kaca

Katanya, practice makes perfect, lho Sobat Pijar. Makanya, kalau kamu ingin tampil baik di depan banyak orang, kamu perlu melakukan latihan. Salah satu latihan yang bisa kamu coba adalah dengan latihan berbicara di depan kaca. 


Sambil berkaca, kamu jadi bisa melihat seperti apa ekspresimu selama berbicara dan juga intonasi saat berbicara. Selain itu, selama latihan perhatikan juga tempo berbicaramu, pastikan tidak terlalu cepat maupun terlalu lambat. Coba untuk menggerakkan tangan secukupnya juga ya supaya nggak terlalu tegang. 


3. Ingat Kembali Keberhasilanmu

Cara mengatasi demam panggung selanjutnya adalah dengan mengingat kembali keberhasilanmu. Saat melihat banyak orang yang memperhatikanmu berbicara, kamu mungkin akan merasa gugup. Alhasil, rasa khawatir itu membuatmu kecil hati dan merasa tidak bisa melakukannya. 


Oleh karena itu, coba, deh, ingat lagi keberhasilanmu yang sudah pernah kamu capai. Mulai dari melawan rasa gugupmu untuk latihan, berhasil memberanikan diri untuk melangkah hingga ke titik ini, hingga mungkin keberhasilanmu berbicara di depan banyak orang sebelum-sebelumnya. 


Hal ini akan membuat rasa percaya dirimu kembali meningkat sehingga rasa tenang akan mengalir menggantikan demam panggungmu. 


4. Fokus pada Materi Dibandingkan Audiens

Kemudian, daripada kamu fokus pada banyaknya orang yang hadir menyaksikanmu, lebih baik kamu fokus pada materi yang ingin disampaikan saja. Hal ini bisa menjadi salah satu cara mengatasi demam panggung, lho


Jika hanya terpaku pada ketakutan disaksikan banyak orang, kamu mungkin akan terus berkutat dengan rasa takut itu saja. Oleh karena itu, cobalah untuk fokus pada materi yang dibawakan saja. Dengan begitu, perhatianmu akan teralihkan dan rasa tegang dapat lebih berkurang. 


5. Atur Ritme Pernapasan

Saat mengalami demam panggung, kamu mungkin akan merasakan tegang di bagian leher dan punggung, mual, hingga kaki dan tangan gemetar. Nah, untuk mengatasi hal ini, cobalah untuk merasakan telapak kakimu dan mengatur pernapasan. 


Menurut Samantha Straughn dalam artikel Ursinus College, merasakan telapak kaki yang menapak pada lantai akan membuatmu merasa “kembali ke bumi” atau tidak terhanyut dalam ketakutan dalam pikiranmu. Kemudian, cobalah untuk menarik nafas dan menghembuskannya secara perlahan 


Mengatur ritme pernapasan akan membuatmu lebih rileks dan pikiranmu menjadi lebih tertata. 


6. Membawa Sesuatu untuk Dipegang

Biasanya seseorang yang mengalami demam panggung akan merasa gelisah dan tegang atau justru terlalu banyak bergerak. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa membawa sesuatu untuk dipegang. Contohnya seperti pulpen, stress ball, penghapus, ataupun benda yang mudah digenggam lainnya. 


Membawa sesuatu untuk dipegang selama berbicara di depan banyak orang akan membantumu mengalihkan rasa anxiety atau kekhawatiran ke benda yang digenggam. Kamu pun bisa menggenggam erat untuk menyalurkan keteganganmu. Tapi, pastikan benda itu juga nggak bikin fokus materimu teralihkan, ya. 


7. Mintalah Dukungan

Salah satu penyebab demam panggung adalah rasa khawatir akan penilaian orang lain terhadap dirimu. Oleh karena itu, kamu bisa coba meminta dukungan dari orang terdekat. Dukungan dari mereka akan menjadi validasi bahwa kamu bisa melakukannya. Dengan begitu, rasa khawatirmu dapat lebih berkurang. 


Kamu pasti bisa melakukannya! Semangat, Sobat Pijar! 


Baca juga: 10 Manfaat Membaca Buku yang Bagus untuk Perkembangan Otak


_________________________________________________________


Gimana? Sudah terjawab, kan, apa penyebab demam panggung dan bagaimana cara mengatasi demam panggung? Ingat, selama kamu yakin bisa melakukannya, kamu pasti bisa. Semangat terus Sobat Pijar! Semoga cara-cara di atas bisa membantumu, ya. 


Ohiya, Pijar Belajar mau ajak kamu juga, nih, untuk belajar bareng di aplikasi Pijar Belajar! Aplikasi Pijar Belajar menyediakan banyak sekali latihan soal dan video pembahasannya yang bisa kamu akses kapan saja dan dimana aja. Tenang saja, materi yang ada di Pijar Belajar sudah lengkap banget, lho, mulai dari materi SD, SMP, hingga SMA! 


Wah, tunggu apa lagi? Yuk, download Pijar Belajar sekarang juga! 



Referensi: 

The science of stage fright (and how to overcome it) - Mikael Cho, TED-Ed Youtube, https://www.youtube.com/watch?v=K93fMnFKwfI. 

Stage Fright, Psychology Today, https://www.psychologytoday.com/us/basics/stage-fright. 

Overcoming Stage Fright And Public Speaking Anxiety, Samantha Straughn - Ursinus College, https://www.ursinus.edu/live/files/1163-overcoming-stage-fright-and-fear-of-public. 

Conquering Stage Fright, Anxiety & Depression Association of America, https://adaa.org/understanding-anxiety/social-anxiety-disorder/treatment/conquering-stage-fright. 

Fear of public speaking: How can I overcome it?, Craig N. Sawchuk, Ph.D., L.P., https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/specific-phobias/expert-answers/fear-of-public-speaking/faq-20058416.

Artikel Lainnya

 image

 image

 image

 image