Adverb (Kata Keterangan) | Definisi, Fungsi, Jenis, dan Contoh Kalimatnya - Pijar Article
Paket Belajar
Blog
Tes Minat Bakat
Info Lainnya
Masuk

Share :

link iconwa iconfb icontwitter icon

Adverb (Kata Keterangan) | Definisi, Fungsi, Jenis, dan Contoh Kalimatnya

| 0 minute read
Adverb (Kata Keterangan) | Definisi, Fungsi, Jenis, dan Contoh Kalimatnya image

Dalam bahasa Inggris, terdapat kelompok kata yang biasa disebut dengan part of speech atau kelas kata. Part of speech ini terdiri dari 8 yakni noun (kata benda), pronoun (kata ganti), verb (kata kerja), adjective (kata sifat), adverb (kata keterangan), preposition (kata depan), conjunction (kata hubung), dan interjection (kata seru). Wah, lumayan banyak ya? Tapi tenang, kali ini kita hanya akan bahas adverb, kok


Baca juga: Noun (Kata Benda) | Definisi, Fungsi, Jenis dan Contoh Kalimatnya


Apa itu Adverb?

Mungkin, sebagian dari Sobat Pijar masih bingung nih mengenai perbedaan adverb dan verb. Meskipun mirip, kedua kelas kata tersebut memiliki pengertian yang berbeda. Jika verb adalah kata kerja, maka adverb adalah kata yang memodifikasi dan mendeskripsikan sebuah verb, adjective, dan adverb lain. 


Dengan kata lain, adverb ini berfungsi untuk memberikan informasi lebih detail tentang verb, adjective, dan adverb lain di suatu kalimat. Adverb biasanya berakhiran -ly contohnya: locally, quickly, dan lainnya. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua adverb berakhiran -ly.


Fungsi Adverb

Sesuai dengan penjelasan di atas, maka fungsi adverb ada 3, yaitu


1. Mendeskripsikan Verb

Adverb berfungsi untuk mendeskripsikan ‘cara’ suatu tindakan (verb) dilakukan. 


Contoh kalimat:

Wawa screamed loudly last night.

(Wawa berteriak dengan keras tadi malam).


Pada contoh kalimat tersebut, dapat diketahui bahwa verbscreamed’ dideskripsikan oleh adverbloudly’. Sehingga, adverb pada kalimat tersebut menjawab pertanyaan ‘bagaimana cara’ dari suatu verb terjadi.


2. Mendeskripsikan Adjective

Adverb juga berfungsi untuk memodifikasi suatu adjective atau kata sifat. Tujuannya adalah untuk memberikan keterangan tentang level atau intensitas pada kata sifat.


Contoh kalimat:

The maths homework is quite hard.

(PR matematika itu cukup sulit).


Quite’ pada contoh kalimat di atas memberikan keterangan mengenai level dari adjectivehard’. 


3. Mendeskripsikan Adverb Lain

Sama seperti fungsi adverb pada adjective, fungsi adverb pada adverb lain adalah untuk memberikan keterangan tentang level atau intensitas suatu kata keterangan pada kalimat. Kamu bahkan bisa menambahkan banyak adverb dalam satu kalimat jika ingin memberi keterangan yang sangat detail. 


Contoh kalimat:

She walks incredibly slowly.

(Dia berjalan dengan luar biasa lambat).


Terdapat dua adverb pada kalimat di atas. Kata ‘slowly’ merupakan adverb yang menerangkan kata kerja ‘walks’ dan kata ‘incredibly’ merupakan adverb yang menerangkan adverb slowly’. 


Jenis-Jenis Adverb

1. Adverb of Time (Kata Keterangan Waktu)

Adverb of time adalah kata keterangan yang digunakan untuk memberikan info tambahan mengenai waktu. Keterangan ini bisa berupa kapan dan berapa lama suatu tindakan dilakukan. Biasanya, kata kerja jenis ini terdapat di akhir kalimat. 


Contoh kalimat adverb of time:

  • We stuck in the traffic jam for hours. (Kami terjebak macet berjam-jam).
  • I can finish all of my tasks and go home early. (Aku bisa menyelesaikan semua tugasku dan pulang lebih dulu).
  • Ari will study after he finishes dinner. (Ari akan belajar setelah makan malam).

 

2. Adverb of Place (Kata Keterangan Tempat)

Adverb of place merupakan kata keterangan yang menjelaskan mengenai tempat di mana suatu tindakan terjadi. Adverb ini dapat berupa arah (up, down, around, atau south), jarak (nearby, far away, atau miles apart), dan juga posisi (below, between, above, atau behind).


Beberapa ahli juga menyebut adverb ini sebagai ‘spatial adverb’ atau kata keterangan ruang. Apapun julukannya, adverb ini berfungsi untuk menjawab pertanyaan ‘di mana?’


Contoh kalimat adverb of place:

  • I'm not allowed to play outside the house after 6 PM. (Aku tidak diizinkan untuk bermain di luar rumah setelah jam 6 sore).
  • Put the book there! (Letakkan bukunya di sana!)
  • Jennie’s house is nearby. (Rumah jennie dekat).

 

3. Adverb of Manner (Kata Keterangan Cara)

Adverb of manner adalah kata keterangan yang memberikan informasi detail mengenai bagaimana cara suatu tindakan terjadi. Kata keterangan ini membantu pembaca/pendengar untuk membayangkan suatu kejadian dengan lebih hidup. Kata quickly dan slowly merupakan kata adverb of manner yang paling umum digunakan. 


Contoh kalimat adverb of manner:

  • Bobby speaks English fluently. (Bobby berbicara bahasa Inggris dengan lancar).
  • Wonwoo drives aggressively. (Wonwoo menyetir dengan agresif).
  • I think I did the test well. (Kupikir, aku mengerjakan ujian dengan baik).

 

4. Adverb of Frequency (Kata Keterangan Frekuensi)

Adverb of frequency adalah kata keterangan yang memberikan deskripsi seberapa sering suatu tindakan dilakukan. Adverb ini biasanya diletakkan setelah kata pertama di suatu kalimat yang menjelaskan tentang rutinitas atau kegiatan berulang. Oleh karenanya, adverb of frequency biasanya digunakan bersama simple present tense.


Contoh kalimat adverb of frequency:

  • Mom makes sure that I always finish my breakfast before I go to school. (Ibu memastikan bahwa aku selalu menyelesaikan sarapan sebelum berangkat ke sekolah).
  • We seldom meet each other. (Kami jarang bertemu satu sama lain).
  • My coach told me to exercise daily. (Pelatihku menyuruhku untuk berolahraga setiap hari).

 

5. Adverb of Degree (Kata Keterangan Tingkatan)

Adverb of Degree adalah kata keterangan yang digunakan untuk memberikan informasi mengenai intensitas atau level dari suatu adjective, verb, ataupun adverb lain. Adverb ini berfungsi untuk menyatakan sampai sejauh mana derajat/tingkatan suatu tindakan.


Contoh kalimat adverb of degree

This year, the town is extremely cold. (Tahun ini, kota ini sangat dingin)

We will totally support you. (Kami akan sepenuhnya mendukungmu)

The car price is very expensive. (Harga mobil itu sangat mahal)

 

Selain 5 jenis diatas, adverb juga dapat dibedakan sebagai berikut:

1. Interrogative Adverb

Selain digunakan sebagai kata penjelas dari sebuah kalimat, adverb bisa juga berbentuk kata tanya, seperti how, when, why, dan where


Contohnya:

  • How much time do I have to set aside every week? (Berapa banyak waktu yang harus saya sisihkan setiap pekan?)
  • When is it going to stop? (Kapan ini akan berakhir?)
  • Why are you here? (Mengapa kamu di sini?)
  • Where did the money come from? (Dari mana asal uang itu?)


2. Conjunctive Adverb 

Adverb ini berfungsi sebagai kata transisi menggabungkan serta mengaitkan klausa-klausa independen. Adverb ini mencakupi kata-kata seperti accordingly, also, alternatively, certainly, therefore, dan sebagainya. 


Contohnya:

  • I can't leave the house today, therefore I delegate the meeting to the vice leader. (Saya tidak bisa meninggalkan rumah hari ini, untuk itu saya mendelegasikan rapat kepada wakil ketua).
  • She certainly has what it takes to become an actress. (Ia tentu saja memiliki apa yang diperlukan untuk menjadi seorang aktris).
  • According to the GPS, there's busy traffic ahead of us. We can gamble and go ahead, or alternatively take a different route. (Menurut GPS, ada kemacetan di depan kita. Kita bisa mengambil resiko dengan meneruskan perjalanan atau mengambil rute lain secara alternatif).


_____________________________________________________


Nah itulah materi mengenai definisi, fungsi, dan jenis-jenis adverb beserta contohnya. Semoga bermanfaat! Untuk belajar bahasa Inggris lebih banyak, yuk gunakan aplikasi Pijar Belajar sekarang juga! Tersedia materi dan pembahasan soal bahasa Inggris dari jenjang SD hingga SMA, lho! Tunggu apa lagi? Yuk download aplikasi Pijar Belajar di Google Play sekarang!



Referensi:

What is an Adverb of Place? - Ginger Software - https://www.gingersoftware.com/content/grammar-rules/adverb/adverbs-place/ - 2019

Adverb of Frequency (Grammar) - Richard Nordquist - https://www.thoughtco.com/adverb-of-frequency-grammar-3862746 - 2020

Adjectives and Adverbs: Definition, Examples, and Exercises - The Albert Team - https://www.albert.io/blog/adjectives-and-adverbs/ - 2022

Artikel Lainnya

 image

 image

 image

 image