8 Rekomendasi Film Indonesia tentang Pendidikan yang Menginspirasi - Pijar Article
Paket Belajar
Blog
Tes Minat Bakat
Info Lainnya
Masuk

Share :

link iconwa iconfb icontwitter icon

8 Rekomendasi Film Indonesia tentang Pendidikan yang Menginspirasi

| 0 minute read
8 Rekomendasi Film Indonesia tentang Pendidikan yang Menginspirasi image

Di sela-sela waktu belajar, tentu Sobat Pijar terkadang merasa lelah dan jenuh. Salah satu cara untuk menghilangkan rasa jenuh tersebut adalah dengan menonton film. Nah, sebagai teman belajar yang baik, Pijar Belajar mau kasih tahu kamu rekomendasi film Indonesia, nih. 


Tapi, Sobat Pijar tahu tidak ternyata selain menjadi sarana hiburan, film juga digunakan sebagai sarana edukasi, lho. Saat ini ada banyak sekali film-film yang mengangkat isu-isu sosial dan kritiknya, salah satunya dalam hal pendidikan. Penasaran ada film apa saja? Yuk, simak rekomendasi film Indonesia terbaru tentang pendidikan berikut ini. 


Baca juga: Rekomendasi Drama Korea buat Kamu yang Masih Bingung Memilih Jurusan Kuliah


1. Laskar Pelangi

Rekomendasi film Indonesia tentang pendidikan yang pertama adalah Laskar Pelangi. Laskar Pelangi adalah film yang disutradarai Riri Riza dan menceritakan mengenai kehidupan anak-anak di kota Bangka Belitung. Sobat Pijar ada yang sudah pernah nonton Laskar Pelangi, belum? 


Film yang tayang pada tahun 2008 ini bercerita tentang kehidupan 10 anak, yaitu Ikal, Lintang, Sahara, Mahar, Akiong, Syahdan, Kucai, Borek, Trapani, dan Haru, yang berasal dari keluarga miskin dan bersekolah di sekolah Muhammadiyah Belitung. Sayangnya, sekolah tersebut penuh dengan kekurangan, mulai dari bangunan sekolah yang rapuh, buku pelajaran yang terbatas, sedikitnya tenaga pengajar, hingga susahnya akses menuju sekolah. 


Walaupun sekolah Muhammadiyah Belitung penuh kekurangan, semangat belajar mereka tak pernah luntur dan cita-cita untuk melanjutkan sekolah tinggi pun tetap tertanam di benak mereka. Film Laskar Pelangi sendiri berasal dari novel dengan judul yang sama karya Andrea Hirata. 


2. Negeri Lima Menara

Nggak cuma Laskar Pelangi saja yang berangkat dari novel, film Negeri Lima Menara juga sama, lho. Negeri Lima Menara menjadi list rekomendasi film Indonesia tentang pendidikan selanjutnya yang kamu harus tonton. 


Film Negeri Lima Menara sendiri bercerita mengenai lika-liku pendidikan di pondok pesantren. Tokoh utama dalam film ini adalah Alif yang berasal dari Padang dan bercita-cita kuliah di ITB dan menjadi insinyur seperti Habibie. Namun, ibunya tak mengizinkan dan mengirimnya ke pondok pesantren. 


Awalnya Alif merasa impiannya akan terhambat jika Ia belajar di pesantren. Namun, seiring berjalannya waktu pemikiran itu mulai berubah setelah Alif memahami seluk beluk pendidikan di pondok pesantren modern. 


Negeri Lima Menara ini berasal dari novel dengan judul yang sama karya Ahmad Fuadi. Gimana? Jadi, semakin tertarik, ya, untuk nonton filmnya. 


3. Rudy Habibie

Sobat Pijar tentu kenal dengan sosok B.J. Habibie. B.J. Habibie merupakan mantan Presiden RI ketiga yang juga merupakan seorang insinyur dan pembuat pesawat N250 Gatotkaca. Sosok B.J. Habibie ini sangat melekat pada bidang pendidikan karena kecerdasan dan kepintarannya. 


Nah, kisah perjalanan B.J. Habibie ini pun diangkat ke dalam sebuah film berjudul Rudy Habibie. Sebagai sosok yang giat dalam bidang keilmuan, film Rudy Habibie pun banyak bercerita mengenai kehidupan Habibie selama menempuh kuliah di Jerman. 


Oleh karena itu, buat Sobat Pijar yang tertarik sekali dengan kehidupan sekolah di luar negeri dan juga sosok inspiratif Pak Habibie, film Rudy Habibie wajib banget kamu tonton. 


4. Sokola Rimba

Rekomendasi film Indonesia bertemakan pendidikan selanjutnya adalah Sokola Rimba. Sama seperti Laskar Pelangi, Sokola Rimba merupakan film yang disutradarai Riri Riza. Film Sokola Rimba sendiri tayang pada 2013 lalu dan menceritakan tentang Butet Manurung, seorang pengajar baca tulis dan hitung kepada masyarakat Suku Anak Dalam. 


Melalui film ini, Sobat Pijar akan mengetahui cerita mengharukan sekaligus menginspirasi dari sisi pendidikan masyarakat pedalaman. Saat ini Sokola Rimba sudah tayang di layanan streaming Netflix, lho. Jangan lupa masukin wishlist, ya. 


5. Cahaya dari Timur

Nah, jika rekomendasi film Indonesia sebelumnya banyak menceritakan pendidikan di bangku sekolah, Pijar Belajar punya satu rekomendasi lain yang berbeda, nih. Cahaya dari Timur merupakan film yang bercerita tentang perjuangan dalam pendidikan olahraga sepak bola di Maluku. 


Tokoh utama film Cahaya dari Timur adalah Sani Tawainella yang diperankan oleh Chicco Jerikho. Sani Tawainella ini merupakan seorang mantan pemain sepak bola yang mengalami kegagalan dan kini menjadi tukang ojek. Kecintaannya pada sepak bola itulah yang membuatnya memutuskan menjadi pelatih sepak bola. 


Namun, di tengah berbagai krisis sosial dan permasalahan dalam keluarganya, cita-cita tersebut menjadi terasa sulit diraih. Ingin tahu perjuangan Sani Tawainella dan semangat melatih sepak bolanya? Yuk, nonton film Cahaya dari Timur di platform streaming kesukaanmu. 


6. Sepatu Dahlan

Sobat Pijar, tahukah kamu dengan sosok Dahlan Iskan? Dahlan Iskan merupakan mantan CEO surat kabar Jawa Pos dan juga menteri BUMN. Keren banget, ya. Tapi, tahu tidak, ternyata Dahlan Iskan pernah mengalami masa-masa sulit sewaktu kecil, lho. Nah, cerita perjuangannya sewaktu kecil inilah yang diangkat menjadi film Sepatu Dahlan. 


Sepatu Dahlan merupakan film biografi masa kecil Dahlan Iskan yang bercerita mengenai kesulitannya dalam menempuh pendidikan. Bahkan, karena kemiskinan yang dideritanya, Ia harus menempuh puluhan kilometer tanpa alas kaki untuk pergi bersekolah. 


Ingin tahu cerita lengkap tentang film ini? Yuk, masukkan film ini ke dalam daftar rekomendasi tontonan kamu, ya. 


7. Mimpi Ananda Raih Semesta (MARS) 

Jika Sobat Pijar merasa pendidikan tinggi hanya untuk orang-orang yang mampu, kamu harus coba nonton film Mimpi Ananda Raih Semesta (MARS). 


Film Mimpi Ananda Raih Semesta (MARS) menceritakan tentang Tupon, seorang ibu tua yang tinggal di Gunung Kidul dan buta huruf. Walaupun begitu, Tupon selalu menyemangati anaknya, Sekar, untuk terus mengejar pendidikan supaya suatu saat bisa pergi ke Mars. 


Semangat tersebut pun akhirnya membuat Sekar benar-benar berjuang dan berhasil mendapatkan gelar master dalam bidang Astronomi di Oxford University, Inggris. Mengharukan sekali, ya. 


8. Alangkah Lucunya (Negeri Ini)

Rekomendasi film Indonesia tentang pendidikan yang terakhir adalah film Alangkah Lucunya (Negeri Ini). Film garapan Dedi Mizwar ini merupakan film dengan genre drama satire tentang kehidupan masyarakat Indonesia, khususnya dalam hal pendidikan anak. 


Alangkah Lucunya (Negeri Ini) bercerita tentang Muluk, seorang lulusan S1, yang kesulitan mendapatkan pekerjaan. Lalu, suatu hari ini bertemu dengan pencopet dan membuatnya bekerja sama dengan bos pencopet tersebut dalam hal pengelolaan keuangan. 


Namun, Ia merasa iba dengan anak-anak pencopet tersebut dan ingin mengubah nasib mereka. Akhirnya, Muluk pun memutuskan untuk mengajari mereka terkait akademis dan budi pekerti.


Lantas, apakah nasib anak-anak pencopet itu dapat berubah? Yuk, nonton film ini. 


Baca juga: Menarik! Ini 6 Pilihan Tempat untuk Belajar yang Nyaman

_______________________________________


Itu dia 5 rekomendasi film Indonesia bertemakan pendidikan. Kira-kira film apa saja, nih, yang Sobat Pijar mau tonton? Semoga kamu suka, ya, dengan rekomendasi filmnya. 


Nah, kalau kamu sudah selesai nonton, yuk mulai belajar lagi bersama Pijar Belajar! Tenang, Pijar Belajar juga menyediakan video pembelajaran yang bikin sensasi belajar senyaman nonton film juga, lho. Coba gunakan Pijar Belajar sekarang, yuk! 

Artikel Lainnya

 image

 image

 image

 image