8 Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Masuk Sekolah - Pijar Article
Paket Belajar
Blog
Tes Minat Bakat
Info Lainnya
Masuk

Share :

link iconwa iconfb icontwitter icon

8 Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Masuk Sekolah

| 0 minute read
8 Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Masuk Sekolah image

Tidak terasa sebentar lagi liburan semester akan segera berakhir dan kamu akan kembali masuk sekolah seperti biasa. Nah, agar kamu bisa selalu siap beraktivitas kembali dan semangat belajar di semester baru, yuk simak dulu beberapa hal yang bisa kamu lakukan sebelum masuk sekolah.


Libur sekolah biasanya berlangsung dengan durasi dua sampai tiga minggu lamanya. Pada dasarnya hal ini bisa berbeda bagi setiap siswa, tergantung dari kebijakan sekolah masing-masing.


Hal yang perlu dilakukan sebelum masuk sekolah

Tidak bisa dipungkiri memang, durasi libur sekolah yang cukup panjang kadang bisa membuat semangat dan fokus belajar menurun. Namun, jangan khawatir karena kamu bisa mencegah menurunnya semangat dan fokus belajar dengan melakukan beberapa hal di bawah ini:


1. Buat skala prioritas

Jika beberapa hari sebelum masuk kembali ke sekolah, ada banyak tugas atau pekerjaan rumah yang harus kamu kerjakan, jangan ragu untuk membuat skala prioritas ya. Caranya dengan menuliskan di buku catatan, tugas apa saja yang sangat mendesak untuk dikerjakan dan tuliskan juga durasi serta kapan deadline dari setiap tugas.


Setelah itu, kamu bisa mengerjakan pekerjaan yang sudah akan mendekati deadline terlebih dahulu. Meskipun terlihat sederhana, faktanya hal ini benar-benar efektif untuk meningkatkan semangat belajar.


2. Tidur yang cukup

Saat libur sekolah, orang tua mungkin memberikan kelonggaran kepadamu untuk bisa tidur larut malam dan tidak tidur dengan durasi yang cukup. Namun, beberapa hari sebelum masuk sekolah, ada baiknya kamu menghentikan kebiasaan ini dan kembali tidur yang cukup ya (7-9 jam). Karena tidur yang cukup akan membuatmu menjadi lebih semangat beraktivitas di hari pertama sekolah.


3. Jalani pola hidup sehat

Beberapa hari sebelum masuk sekolah jangan lupa juga untuk selalu menjalani pola hidup sehat ya. Misalnya dengan mengonsumsi makanan sehat (seperti buah dan sayur), tidur yang cukup, olahraga yang teratur, dan cukupi kebutuhan cairan dengan mengonsumsi 2,5 liter air putih setiap hari. Karena hal ini benar-benar telah terbukti efektif bermanfaat untuk meningkatkan semangat belajar dan membuatmu lebih siap menerima ilmu yang diberikan guru.


Selain itu pada dasarnya menjalani pola hidup sehat juga wajib kamu lakukan ketika sudah masuk sekolah seperti biasa. Karena menjalani pola hidup sehat akan membuatmu menjadi lebih bersemangat dalam menjalani semua aktivitas di sekolah.


4. Siapkan buku pelajaran dan seragam

Hal lain yang perlu kamu siapkan dengan matang sebelum masuk sekolah adalah buku pelajaran dan seragam, terlebih jika kamu baru akan naik ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi (misalnya dari SMP ke SMA). Karena menyiapkan tas, buku mata pelajaran, dan seragam akan membuatmu terhindar dari stres di hari pertama sekolah dan membuatmu lebih bersemangat mengikuti berbagai aktivitas.


5. Kenali gaya belajar

Ketika libur sekolah jangan lupa juga untuk mengenali gaya belajar kamu sendiri dan kemudian belajar dengan gaya belajar yang cocok. Karena hal ini benar-benar efektif untuk membuatmu fokus dan bisa memahami materi pelajaran dengan baik ketika sudah masuk sekolah nantinya.


Kalau kamu ingin mengetahui informasi lebih jauh tentang metode belajar, baca artikel ini ya 5 Gaya Belajar Siswa dan Cara Memaksimalkannya.

 

6. Lakukan hobi

Sebelum masuk sekolah tidak ada salahnya juga jika kamu tetap melakukan hobi. Karena melakukan hobi merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan namun tetap bermanfaat untuk membuatmu produktif.


Selain itu, melakukan hobi saat liburan juga bermanfaat untuk membuat pikiranmu menjadi lebih segar dan menghilangkan stres yang mungkin sedang kamu rasakan. Jadi nantinya kamu bisa masuk sekolah dengan lebih bersemangat.


7. Hadiri rangkaian acara masa orientasi siswa

Untuk beberapa sekolah, masa orientasi siswa mungkin tidak wajib dihadiri oleh semua siswa. Namun, ada baiknya jika kamu menghadiri masa orientasi dan mengikuti semua rangkaian acaranya.


Karena pada dasarnya masa orientasi siswa bukan hanya tentang menggunakan atribut atau membawa makanan yang unik saja. Tapi masa orientasi siswa pada dasarnya bertujuan untuk membuat siswa bisa mengenal sekolah dengan lebih baik (baik dari sistem belajar, semua fasilitas yang ada di sekolah, sampai mengenal semua guru-guru yang ada di sekolah).


8. Ciptakan suasana belajar yang senyaman mungkin

Walaupun terlihat sederhana, faktanya menciptakan suasana belajar ternyata juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan semangat belajar di hari pertama sekolah. Cara menciptakan suasana yang nyaman untuk belajar bagi setiap siswa bisa berbeda.


Namun, umumnya suasana belajar yang nyaman bisa diciptakan dengan membersihkan meja belajar dari semua barang yang tidak akan menunjang proses pembelajaran. Selain itu, bila perlu kamu juga bisa menggunakan air humidifier atau alat penjernih udara agar udara kamar menjadi lebih segar. Tapi hal ini hanya bisa kamu terapkan saat sedang school from home.


Baca juga: 7 Tips Belajar untuk Ujian Try Out UTBK

_____________________________________________________________________


Nah, itu tadi beberapa hal yang bisa kamu lakukan sebelum masuk sekolah, agar kamu bisa lebih bersemangat menghadapi semua aktivitas di hari pertama sekolah. Selain itu, jangan lupa untuk selalu belajar menggunakan Pijar Belajar ya.


Pijar Belajar adalah aplikasi yang dirancang untuk siswa agar mendapatkan suplemen pembelajaran di sekolah yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja tanpa terhalang ruang dan waktu. Aplikasi Pijar Belajar dilengkapi oleh beragam fitur unggulan yang dapat digunakan siswa dalam proses belajar lebih mudah dan lebih menarik.


Selain itu, menariknya lagi Pijar Belajar memiliki fitur latihan soal yang berbentuk seperti game di handphone. Jadi, kamu akan mendapatkan banyak ilmu tanpa merasa terbebani sama sekali. Menarik banget kan. Jadi, yuk gunakan aplikasi Pijar Belajar sekarang juga.



Referensi

https://www.cuemath.com/learn/10-things-school-starts/

https://www.familyhandyman.com/list/prepare-for-back-to-school/

 

Artikel Lainnya

 image

 image

 image

 image