8 Cara Menghafal dengan Cepat dan Efektif - Pijar Article
Paket Belajar
Blog
Tes Minat Bakat
Info Lainnya
Masuk

Share :

link iconwa iconfb icontwitter icon

8 Cara Menghafal dengan Cepat dan Efektif

| 0 minute read
8 Cara Menghafal dengan Cepat dan Efektif image

Menghafal merupakan salah satu taktik yang biasa digunakan untuk mengingat materi pelajaran. Apalagi jika menjelang ujian, nggak sedikit, lho, yang menggunakan berbagai cara untuk berusaha menghafal, mulai dari membuat rangkuman hingga terpaksa begadang dan mengulang-ulang materi pelajaran supaya ingat. 


Tapi, apakah cara menghafal tersebut sudah tepat? Ini dia 8 cara menghafal dengan cepat dan efektif yang sudah Pijar Belajar rangkum untuk kamu. 


Baca juga: 10 Cara Belajar Efektif untuk Ujian


Cara Menghafal dengan Cepat

Apakah kamu kerap menghafal banyak materi pelajaran dalam sistem kebut semalam (SKS)? Mengutip dari artikel Boston University, sebanyak 75% materi yang kita pelajari dalam suasana belajar yang terlalu intensif akan terlupakan dalam waktu kurang dari seminggu, lho


Akibatnya, kamu jadi perlu mengulang-ulang materi itu lagi dan kembali mencoba menghafalnya dari awal. Lantas, bagaimana cara menghafal dengan cepat dan tepat? Yuk, catat 8 cara menghafal cepat berikut ini. 


1. Coba untuk Memahami Materi

Salah satu kesalahan utama dalam menghafal adalah kita terbiasa hanya membaca materi saja tanpa memahaminya. Teknik menghafal dengan hanya membaca catatan berulang-ulang juga bukanlah strategi yang tepat.


Cara tersebut akan membuat otak kita lebih pasif dan proses menghafal materi menjadi agak sulit. Selain itu, kita juga akan merasa lebih susah mengingat hal yang tidak dipahami. 


Untuk itu, cara menghafal dengan cepat yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencoba memahami materinya terlebih dahulu. Materi yang dipahami akan lebih mudah untuk diingat. 


2. Bagi Materi ke Dalam Kelompok

Cara menghafal dengan cepat selanjutnya adalah dengan membagi materi ke dalam kelompok. Contohnya, jika kamu ingin menghafal 1 bab materi Biologi, kamu bisa membagi materi dalam bab tersebut ke dalam kelompok-kelompok. 


Cara tersebut akan membuat otak kita lebih mudah mengingat karena informasi yang diproses sedikit demi sedikit dibandingkan kamu langsung menghafal 1 bab sekaligus. Selain itu, kamu juga menjadi lebih fokus untuk memahami dan mengingat materi. 


3. Hubungkan tiap Materi

Walaupun kamu membagi materi ke dalam kelompok-kelompok kecil untuk mengingatnya, kamu juga perlu untuk memahami keterkaitan antar materinya, lho. Cara ini akan membuatmu lebih mudah menghafalkannya. 


Misalnya, kamu mempelajari sejarah penjajahan di Indonesia hingga proses kemerdekaan. Kamu bisa coba memahami dan menghafal kronologis secara satu per satu terlebih dahulu, mulai dari pengeboman Hiroshima–Nagasaki, Peristiwa Dalat, Peristiwa Rengasdengklok, Perumusan Naskah Proklamasi, hingga Pembacaan Proklamasi. 


Lalu, cobalah untuk mengaitkan tiap kelompok materi tersebut, seperti peristiwa rengasdengklok yang terjadi akibat adanya desakan kemerdekaan pasca pengeboman Hiroshima–Nagasaki, dan sebagainya. 


Dengan begitu, kamu akan lebih mudah memahami dan mengingat materi tersebut secara utuh. 


4. Coba Gunakan Strategi Akronim

Cara menghafal dengan cepat dan efektif selanjutnya adalah dengan menggunakan akronim. Akronim adalah singkatan berupa gabungan huruf atau suku kata atau bagian lain yang ditulis dan dilafalkan sebagai kata yang wajar. 


Cara menghafal dengan menggunakan akronim akan membuatmu lebih mudah mengingat karena singkatan yang digunakan lebih terdengar akrab di telinga kita. Contohnya seperti kucing hitam dalam mobil, desi centil mondar-mandir yang merupakan akronim untuk mengingat satuan panjang, yaitu km, hm, dam, m, dm, cm, dan mm. 


5. Melatih Ingatan dengan Praktek

Selanjutnya, cara menghafal cepat lainnya yang bisa kamu coba adalah dengan melatih ingatanmu melalui praktek. Ada banyak jenis latihan atau praktek menyenangkan yang bisa kamu lakukan, misalnya dengan bermain flashcards ataupun dengan tanya jawab bersama teman. 


Melatih ingatan melalui praktek seperti ini akan memudahkanmu dalam mengukur kemampuan hafalan. Jika kamu berlatih bersama teman, kamu juga bisa berdiskusi terkait dengan jawaban yang dirasa kurang tepat. Cara ini akan membuat memori tersebut lebih mudah untuk diingat. 


6. Jauhi Distraksi

Situasi belajar yang kurang kondusif ternyata dapat membuatmu kesulitan menghafal materi dengan cepat, lho. Oleh karena itu, cara menghafal cepat selanjutnya adalah cobalah untuk menjauhi distraksi untuk membantumu lebih fokus. 


Jika menghafal dalam situasi yang bising membuatmu sulit konsentrasi, kamu bisa mematikan televisi atau mencari tempat lain yang jauh lebih tenang. Lalu, kamu juga bisa menyimpan terlebih dahulu ponselmu di dalam laci supaya kamu tidak terdistraksi dengan notifikasi ponsel. 


7. Membuat Ringkasan Materi

Jika kamu diminta untuk menghafal puluhan lembar materi pelajaran dalam waktu singkat, rasanya akan sulit sekali, bukan? Nah, strategi menghafal yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat ringkasan materi terlebih dahulu.


Saat membuat ringkasan materi, kamu dapat mencatat berbagai kata kunci dan memberikan highlight supaya mudah untuk diingat. Selain itu, cobalah untuk membuat ringkasan dengan tulisan tangan. 


Membuat catatan dengan tulisan tangan akan lebih membantumu menghafal informasi karena adanya hubungan antara tangan dengan otak kita.  


8. Hapus Catatan dan Tulis Kembali

Last but not least, cara menghafal dengan cepat lainnya adalah dengan menghapus catatanmu dan menulis kembali catatan tersebut sesuai dengan yang kamu ingat. Kemudian, cocokkan kembali tulisanmu dengan sumber materi yang kamu gunakan. 


Cara ini akan mengasah kemampuan ingatanmu dan juga memudahkanmu untuk melacak kemampuan ingatan. 


Baca juga: 7 Cara Belajar Matematika yang Mudah dan Efektif


------------------------------------------------------------------------------------------------------


Itu dia 8 cara menghafal dengan mudah yang bisa kamu praktekkan selama belajar. Cara menghafal ini dapat membantumu untuk mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian di sekolah, lho


Selain memahami strategi menghafal yang tepat, kamu juga butuh amunisi penjelasan materi dan latihan soal yang tepat supaya semakin siap menaklukkan ujian di sekolah. Kalau soal itu, kamu tak perlu khawatir karena Pijar Belajar selalu siap untuk membantu kamu, nih! 


Pijar Belajar merupakan platform belajar online yang menyediakan berbagai materi, latihan soal, dan juga pembahasan untuk SD, SMP, hingga SMA. Lengkap banget, ya? Tunggu apa lagi? Yuk, coba gunakan Pijar Belajar sekarang! 



Referensi: 

Memorization Strategies, Learning Center University of North Carolina at Chapel Hill, https://learningcenter.unc.edu/tips-and-tools/enhancing-your-memory/

Memorization Techniques, Willamate University, https://willamette.edu/offices/lcenter/resources/study-strategies/memorization.html

Get Ready for Finals: Study and Memorization Strategies, Boston University, https://www.bu.edu/grad/2021/01/06/get-ready-for-finals-study-and-memorization-strategies/. 2020. 

Memory Techniques for Exam Preparation: 10 Astonishing Ways to Harness the Power of Your Brain. Oxford Royale Academy, https://www.oxford-royale.com/articles/memory-tricks-exam-success/.

Artikel Lainnya

 image

 image

 image

 image