8 Cara Agar Semangat Belajar Meningkat - Pijar Article
Paket Belajar
Blog
Tes Minat Bakat
Info Lainnya
Masuk

Share :

link iconwa iconfb icontwitter icon

8 Cara Agar Semangat Belajar Meningkat

| 0 minute read
8 Cara Agar Semangat Belajar Meningkat image

Pernah tidak kamu merasa malas sekali untuk mulai belajar? Padahal ujian sudah di depan mata. Rasanya pasti susah sekali, ya, untuk mulai belajar. Jangankan belajar, beranjak dari kasur saja rasanya malas sekali. 


Eits, Sobat Pijar tentunya tidak kalah dengan rasa malas, dong. Untuk itu, sekarang Pijar Belajar mau kasih tau 8 cara agar semangat belajar buat kamu. 


Baca juga: Cara Menghitung Pecahan Biasa dan Pecahan Campuran


Cara Agar Semangat Belajar

Turunnya semangat belajar biasanya dapat disebabkan oleh rasa malas belajar. Akan tetapi, sebenarnya malas belajar itu hal yang wajar, kok. Asalkan kamu tak terlena dengan kemalasan tersebut saja, ya. 


Nah, rasa malas tersebut salah satunya disebabkan oleh aktivitas belajar yang terus menerus. Terlebih jika suasana dan tempat belajarnya itu itu saja. Oleh karena itu, kamu bisa menciptakan suasana belajar yang baru supaya semangat belajar meningkat. 


Berikut 8 cara agar semangat belajar yang bisa kamu coba. 


1. Rapikan dan Dekorasi Tempat Belajar

Meja belajar yang berantakan ternyata bisa bikin kita badmood dan tidak semangat untuk belajar, lho. Oleh karena itu, yuk coba rapikan tempat belajarmu sebelum mulai belajar. Susun kembali buku-buku secara rapi dan letakan alat-alat tulismu di tempatnya. 


Jika meja belajarmu rapi, kamu pun menjadi nyaman dan semangat untuk belajar. Nah, sembari kamu merapikan tempat belajar, cobalah untuk mendekorasinya juga. Kamu bisa menambahkan kata-kata motivasi belajar ataupun meletakkan tanaman-tanaman kecil di sekeliling meja belajarmu. 


2. Membuat Jadwal Belajar

Terkadang hal yang membuat semangat belajar kita menurun adalah karena kita bingung harus mulai belajar dari mana. Apakah kita seharusnya belajar Matematika dulu? Atau sebaiknya belajar Bahasa Inggris dulu? 


Nah, supaya kebingungan itu tak menjadi hambatan semangat belajarmu, coba buat jadwal belajar, yuk! Kamu bisa membuat jadwal belajar sesuai dengan jadwal mata pelajaran atau jadwal ujian. 


Tapi, pastikan kamu nggak belajar untuk ujian pada H-1 pelaksanaannya, ya. Kamu bisa mengatur jadwal belajar 1 minggu sebelum ujian atau 2 minggu sebelumnya. Dengan begitu, persiapanmu jadi maksimal. 


3. Cari Suasana Belajar Baru

Seperti yang sebelumnya sudah disebutkan, salah satu penyebab semangat belajar menurun adalah jenuh dengan suasana belajar yang itu-itu saja. Oleh karena itu, cara agar semangat belajar selanjutnya adalah carilah suasana belajar baru. 


Misalnya, kamu biasa belajar di kamarmu, nah cobalah untuk belajar di rumah teman ataupun pergi ke cafe atau perpustakaan yang nyaman untuk belajar. Selain menambah semangat belajar, suasana yang baru juga akan membuatmu lebih fokus untuk memahami materi. 


4. Self Reward

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan semangat belajar adalah berilah self reward setiap kali kamu berhasil menguasai materi pelajaran. Pastinya belajar sangat melelahkan, makanya berilah apresiasi kepada dirimu sendiri setiap selesai belajar! 


Bentuk self reward pun bisa bermacam-macam, misalnya seperti boleh nonton satu episode series kesukaanmu atau membeli makanan kesukaan. Pokoknya apa pun yang kamu sukai, deh


5. Istirahat dulu, Yuk! 

Belajar dengan intensitas sering itu memang bagus. Namun, jika terlalu intensif atau diforsir terus menerus juga tidak baik. Selain membuat stress, belajar yang terlalu dipaksakan juga akan membuat semangat belajar menurun. 


Oleh karena itu, istirahat dulu, yuk! Cobalah mengatur istirahat di sela-sela sesi belajar. Misalnya seperti istirahat setiap 20 menit belajar ataupun 30 menit. Jangan sampai kamu memaksakan diri untuk belajar tanpa memikirkan kesehatan, ya! 


6. Hindari Distraksi

Cara agar semangat belajar selanjutnya adalah hindari distraksi. Tatkala jika kita sudah siap untuk belajar, pikiran kita teralihkan dengan hal lain dan akhirnya kita pun menjadi malas untuk belajar. 


Untuk itu, cobalah untuk menghindari distraksi selama belajar. Jika kamu mudah terdistraksi dengan suara, kamu bisa minta tolong kepada keluargamu untuk memelankan suara selama kamu belajar. 


7. Susun Target Belajar

Kemudian, kamu juga bisa menyusun target belajar supaya semangat. Target belajar ini bertujuan untuk membantumu memantau sejauh apa progres belajar yang sudah dilakukan. Selain itu, jika kamu melihat target belajar sudah tercapai, kamu pun akan semakin semangat untuk belajar lagi. 


Susun target belajar di atas kertas dan tempelkan di depan meja belajarmu. Dengan begitu, kamu dapat selalu melihat progresnya setiap kamu belajar. 


8. Coba Belajar bersama Teman

Belajar sendiri di dalam kamar memang terasa membosankan. Oleh karena itu, kamu bisa coba mengajak teman-temanmu untuk belajar bersama. Cara agar semangat belajar ini, selain menambah semangat belajar, juga memiliki banyak manfaat lainnya. 


Salah satunya seperti memudahkanmu untuk berdiskusi mengenai materi pelajaran. Kamu bisa bertanya kepada teman jika ada materi yang terasa sulit. Selain itu, belajar bersama teman juga terasa seru dan belajar pun menjadi menyenangkan. 


Baca juga: 7 Cara Belajar Matematika yang Mudah dan Efektif

_________________________________________


Itu dia Sobat Pijar, 8 cara agar semangat belajar meningkat yang bisa kamu lakukan. Kira-kira cara apa saja, nih, yang mau kamu lakukan lebih dulu? Semoga cara-cara tersebut bisa membantu kamu supaya makin semangat belajar, ya! 


Selain cara-cara di atas, Pijar Belajar juga selalu siap menyemangatimu dalam hal belajar dengan menghadirkan berbagai konten pembelajaran menarik, lho. Mulai dari video pembelajaran, materi, latihan soal, hingga pembahasannya ada semua di Pijar Belajar. Menarik banget, kan? 


Makanya, coba download Pijar Belajar sekarang, yuk! Kamu bisa download Pijar Belajar di App Store maupun Google Play. Tunggu apa lagi? Yuk, buruan coba Pijar Belajar, ya! 



Referensi: 

How to Avoid Laziness While Studying | 11 Tips to Stop Procrastination, Ghana Education News, https://ghanaeducation.org/how-to-avoid-laziness-while-studying-11-tips-to-stop-procrastination/, 2022. 

Struggling with studying? Procrastination taking hold of your life? Read this!, The Stanford Daily, https://stanforddaily.com/2022/04/27/struggling-with-studying-procrastination-taking-hold-of-your-life-read-this/, 2022. 

15 Effective Tips On How To Overcome Laziness While Studying, Odala Ranida, https://tokyo.globalindianschool.org/blog-details/tips-on-how-to-overcome-laziness-while-studying, 2022. 

Artikel Lainnya

 image

 image

 image

 image