7 Cara Belajar Matematika yang Mudah dan Efektif - Pijar Article
Paket Belajar
Blog
Tes Minat Bakat
Info Lainnya
Masuk

Share :

link iconwa iconfb icontwitter icon

7 Cara Belajar Matematika yang Mudah dan Efektif

| 0 minute read
7 Cara Belajar Matematika yang Mudah dan Efektif image

Matematika kerap dianggap sebagai suatu mata pelajaran yang sulit. Hal ini dikarenakan matematika identik dengan hitung-hitungan serta rumus yang rumit. Padahal, jika kamu berhasil menemukan cara belajar matematika yang tepat, matematika dapat menjadi pelajaran yang menyenangkan, lho. 


Oleh karena itu, yuk ubah pemikiranmu kalau matematika itu menyeramkan dan susah! Pijar Belajar sudah merangkum 7 cara belajar matematika yang mudah dan efektif, nih, untuk kamu. Simak terus, ya! 


Baca juga: Menarik! Ini 6 Pilihan Tempat untuk Belajar yang Nyaman 


7 Cara Belajar Matematika yang Mudah

Menerapkan tips belajar matematika yang efektif dapat membantumu memahami materinya dengan lebih mudah. Tapi, bagaimana cara belajar matematika yang efektif itu? 


Tak perlu khawatir, berikut adalah 7 cara mudah belajar matematika yang bisa kamu terapkan. 


1. Buatlah Jadwal Belajar

Cara belajar matematika pertama yang bisa kamu terapkan adalah dengan membuat jadwal belajar. Jadwal belajar akan membantu kamu untuk konsisten dan memantau progres materi yang sudah dikuasai. 

Kamu bisa mulai menyusun jadwal belajar matematika dengan menyusun urutan materi yang harus dikuasai, mulai dari yang paling sulit sampai yang paling mudah. 


Kemudian, pilihlah waktu jauh hari sebelum waktu ujian matematika atau penilaian matematika dilaksanakan, misalnya tiga atau empat hari sebelum waktu ujian. Hal tersebut dilakukan supaya proses belajarmu tidak terburu-buru. 


Lalu, cobalah untuk menguasai satu materi dalam satu hari dan menghindari belajar banyak materi dalam satu waktu supaya kamu lebih fokus. 


2. Pahami Istilah dalam Rumus Matematika

Tips belajar matematika agar cepat paham selanjutnya adalah cobalah untuk memahami istilah dalam rumus matematika. Tak jarang kamu merasa sulit menjawab soal matematika karena kamu tak memahami istilah-istilah yang digunakan. 


Contohnya seperti istilah eksponen untuk penyebutan pangkat dan sebagainya. Jika istilah tersebut terasa sulit untuk dipahami dan diingat, kamu bisa coba untuk mencatat definisinya dalam catatanmu. Dengan begitu, istilah tersebut menjadi lebih mudah untuk dibaca kembali jika lupa. 


3. Buat Ringkasan Materi dan Cara Pengerjaannya

Membuat catatan pelajaran merupakan salah satu hal penting dalam belajar. Catatan pelajaran akan membantumu mengingat kembali materi apa saja yang sudah dipelajari. 


Oleh karena itu, cara belajar matematika selanjutnya adalah dengan membuat ringkasan materi dan proses pengerjaannya. Misalnya, guru sedang menerangkan cara menghitung volume limas segitiga. Jika kamu tidak mencatat, kamu mungkin akan melupakan rumus dan cara menghitungnya begitu kelas matemarika berakhir. 


Untuk mengatasi hal tersebut, catatlah rumus volume limas segitiga dalam buku catatanmu dan masukkan contoh soal serta cara menyelesaikannya. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah mengingat rumus dan memahami pengaplikasian rumusnya dalam soal. 


4. Biasakan Membuat Cara Pengerjaan saat Menjawab Soal

Cara belajar matematika selanjutnya adalah dengan membiasakan diri menulis cara pengerjaan saat menjawab soal. Menulis cara pengerjaan soal akan membuatmu lebih mengingat rumus dan cara pengerjaan soal. 


Selain itu, menulis cara pengerjaan juga akan memudahkan kamu dalam meneliti kembali jawabanmu jika kurang tepat. Misalnya, kamu sudah memasukkan rumus yang tepat tetapi jawabanmu kurang tepat. Nah, kamu bisa meneliti kembali letak kesalahan perhitungan tersebut.


Baca juga: 10 Cara Belajar Efektif untuk Ujian 


5. Belajar dari Kesalahan

Mendapatkan nilai kurang memuaskan dalam ujian matematika terkadang memang membuat kita sedih dan merasa matematika terlalu sulit, ya. Tapi, tak perlu berkecil hati, kamu bisa, kok, mengubah kesalahan itu menjadi peluang untuk belajar. 


Cobalah untuk me-review kembali jawaban-jawaban yang kurang tepat pada ujianmu. Coba untuk memahami kembali dan mengerjakan kembali soal tersebut hingga menemukan jawaban yang tepat. 


Belajar dari kesalahan ini merupakan salah satu cara belajar matematika yang bisa kamu terapkan. Hal ini dikarenakan cara tersebut akan membuatmu lebih ingat dengan materi tersebut. 


6. Coba Belajar secara Berkelompok

Tips dan trik belajar matematika selanjutnya adalah cobalah untuk belajar matematika secara berkelompok. Belajar berkelompok akan memudahkanmu untuk berdiskusi, terlebih jika materi tersebut kurang kamu kuasai. 


Dengan berdiskusi, kamu dapat meminta temanmu untuk memeriksa jawaban atau perhitungan kamu. Selain itu, belajar secara berkelompok juga akan mengurangi rasa jenuh saat belajar. Jika ada materi yang sulit, kamu pun dapat meminta bantuan teman untuk menjelaskan penyelesaiannya kepadamu. 


7. Perbanyak Latihan Soal Matematika

Cara belajar matematika lainnya yang bisa kamu coba adalah perbanyak latihan soal matematika. Semakin banyak latihan yang kamu kerjakan, semakin hafal dan paham juga kamu dengan materinya. 


Tak hanya itu, bentuk soal untuk satu materi matematika pun ada beragam. Oleh karena itu, semakin banyak latihan soal yang dikerjakan, semakin familiar juga kamu dengan berbagai bentuk soalnya. Dengan begitu, kamu pun akan lebih menguasai materi tersebut. 


Nah, salah satu platform latihan soal matematika yang bisa kamu coba adalah Pijar Belajar ! Bukan hanya latihan soalnya saja, Pijar Belajar juga menyediakan penjelasan soal untuk mempermudah pemahamanmu. Coba cek website Pijar Belajar, ya! 


--------------------------------------------------------------------------------


Baca juga: 8 Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Masuk Sekolah 


Bagaimana? Apakah kamu sudah siap mengaplikasikan 7 cara belajar matematika yang mudah dan efektif dalam keseharianmu? Semoga cara mudah belajar matematika di atas dapat membantu kamu, ya. 


Nah, jika kamu ingin belajar matematika dengan cara yang asik dan menyenangkan, Pijar Belajar dapat menjadi pilihan, nih! Pijar Belajar merupakan aplikasi dan website pembelajaran untuk tingkat SD, SMP, dan SMA, yang bisa kamu akses kapan pun dan dimana pun. 


Pijar Belajar menyediakan banyak konten belajar yang seru dan menarik, lho! Penasaran? Yuk coba berlangganan Pijar Belajar sekarang! 



Referensi:

Tutoring And Testing Center Mathematics Study Skills Guide - Strategies For Success In Mathematics, Nova Southern University, https://www.nova.edu/tutoring-testing/study-resources/forms/study-skills-guide.pdf, 2006. 

How to Study for a Math Test in 10 Easy Ways, University of The People, https://www.uopeople.edu/blog/how-to-study-for-a-math-test/, 2019. 

How to Study Mathematics, Lawrence Neff Stout, https://www.math.uh.edu/~dblecher/pf2.html. 

How to Study Math in College, Department of Mathematics The Ohio State University, https://math.osu.edu/undergrad/non-majors/resources/study-math-college. 

Artikel Lainnya

 image

 image

 image

 image