10 Cara Belajar Efektif untuk Ujian - Pijar Article
Paket Belajar
Blog
Tes Minat Bakat
Info Lainnya
Masuk

Share :

link iconwa iconfb icontwitter icon

10 Cara Belajar Efektif untuk Ujian

| 0 minute read
10 Cara Belajar Efektif untuk Ujian  image

Menjelang waktu ujian, kamu kerap merasa sudah belajar dari pagi sampai malam tapi rasanya masih belum menguasai materi? Wah, jangan-jangan kamu belum menerapkan cara belajar efektif. 


Cara belajar efektif merupakan cara belajar dengan mencari strategi yang tepat dan berfokus pada hasil yang didapatkan. 


Kamu dapat menggambarkan belajar efektif seperti berlari maraton. Jika kamu menerapkan strategi yang kurang tepat, mungkin kamu akan merasa cepat lelah di awal. Namun, jika strateginya tepat, lari dapat terasa menyenangkan dan tak terasa lelah. 


Nah, supaya waktu belajar kamu tak terbuang sia-sia, berikut 10 cara belajar efektif yang bisa kamu terapkan. 


Baca juga: Find it Hard to Focus on Study Time? Try this Pomodoro Method! 


10 Cara Belajar Efektif

 


Supaya ujian berjalan dengan lancar, kita perlu mempersiapkan diri dengan belajar supaya dapat mengerjakan soal-soal ujian dengan baik dan benar. Tapi, bagaimana cara belajar efektif itu, ya? 

Tenang, Pijar Belajar sudah menyiapkan 10 cara belajar efektif untuk ujian yang bisa kamu implementasikan dalam kegiatan belajarmu. Coba cara-cara berikut dan temukan cara yang cocok untukmu, yuk! 


1. Buatlah Jadwal Belajar

Cara belajar efektif pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat jadwal belajar. Jadwal belajar akan membantu kamu lebih fokus pada tujuanmu.  


Misalnya, kamu ingin belajar untuk ujian Matematika, jadwal belajar akan membantumu menyusun strategi belajar. Kamu bisa mulai dengan menyusun urutan materi yang paling sulit sampai yang paling mudah. 

Kemudian, materi tersebut tinggal kamu susun menjadi jadwal belajar. Dengan begitu, kamu pun tak perlu bingung harus mulai belajar dari mana karena semuanya sudah tersusun dalam jadwal belajar. 


2. Berusaha Memahami Tulisan, bukan Hanya Membaca

Membaca 3 bab materi pelajaran dalam 1 hari tanpa memahami materinya cenderung tidak akan efektif. Hal ini dikarenakan umumnya bentuk soal yang akan diujikan dalam ujian kelas merupakan bentuk implementasi teori dalam buku dalam kehidupan sehari-hari. 


Oleh karena itu, cara belajar efektif selanjutnya adalah berusaha memahami materi yang tengah dipelajari. Jika kamu paham materinya, bentuk soal seperti apa pun akan mudah kamu jawab. 

Jadi, daripada kamu menghabiskan waktu hanya untuk membaca saja, lebih baik kamu membaca sekilas dan mencoba memahami implementasinya materi dalam soal. 


3. Pahami Siklus Belajar

Cara belajar efektif selanjutnya adalah pahami siklus belajarmu. Menurut penelitian PSB Academy, siklus be lajar paling efektif adalah di antara pukul 10 pagi sampai 2 siang dan pukul 4 sore sampai 10 malam dikarenakan pada saat itu otak manusia tengah dalam acquisition mode. 


Oleh karena itu, kamu bisa mencoba menyusun jadwal belajar dalam siklus belajar tersebut. Belajar sesuai dengan siklus belajar dapat membuatmu lebih fokus dalam memahami pelajaran. 


4. Hindari Distraksi selama Belajar

Apakah kamu sering baru belajar 5 menit, tiba-tiba sudah keasyikan scrolling TikTok 30 menit. Waduh. Tentunya selain membuat waktu belajar molor, belajar di samping gadget juga menjadi distraksi yang membuat belajar jadi tidak efektif. 


Nah, cara supaya belajar lebih efektif selanjutnya adalah hindari distraksi selama belajar. Kamu bisa meminta keluargamu untuk mengecilkan suara TV selama kamu belajar atau menyimpan gadget di dalam laci meja. 


5. Buatlah Catatan

Saat menyimak penjelasan dari guru, kita mungkin sudah paham dan bisa. Tapi, begitu pelajaran berganti, mendadak materi sebelumnya lupa. Wah, tentu kita tidak ingin seperti ini bukan? Untuk itu, cobalah untuk membuat catatan pelajaran. 


Catatan ini penting untuk mengingat kembali materi yang sudah dipelajari. Kamu juga bisa memasukkan kata kunci untuk setiap materi supaya lebih mudah diingat.


Selain itu, ada banyak juga metode mencatat yang bisa kamu pilih. Salah satunya adalah metode mencatat cornell seperti yang sudah per nah Pijar Bahas di artikel sebelumnya. 


6. Buatlah Suasana Belajar yang Kondusif

Jika kita belajar di ruangan yang kurang kondusif tentu memahami materi pelajaran akan terasa sulit, bukan? Oleh karena itu, cara belajar yang efektif selanjutnya adalah buatlah suasana belajar yang kondusif. 


Kamu bisa menyetel lagu instrumental selama belajar atau membuka jendela kamar supaya udara lebih segar. Dengan suasana yang kondusif, mood belajarmu pun akan meningkat dan belajar pun jadi lebih fokus. 


7. Belajar dengan Latihan Soal

Cara belajar efektif lainnya yang bisa kamu coba adalah dengan menerapkan latihan soal. Dengan cara ini, pemahaman materi yang baru kamu pelajari dapat terasah. Selain itu, kamu pun akan mendapatkan banyak ragam soal yang mungkin akan muncul pada ujian nanti. 


Tapi, bagaimana caranya mendapatkan latihan soal? Tidak perlu bingung, Pijar Belajar menyediakan banyak latihan soal untukmu, lho. Bukan hanya latihan soal, Pijar Belajar juga menyediakan pembahasannya untuk kamu pahami. 


8. Hindari Multitasking

Kamu sering belajar 2 materi pelajaran di waktu yang bersamaan? Sebaiknya hal ini dihindari, ya, karena selain membuat otak cepat lelah, multitasking dalam belajar juga akan membuatmu tidak fokus dan akhirnya kedua materi tersebut tidak berhasil dipahami. 


Untuk itu, cobalah untuk belajar satu per satu dengan tenang supaya materi lebih mudah dipahami. Dengan begitu, belajar pun jadi lebih efektif. 


9. Belajar dalam Waktu Singkat

Kemudian, kamu juga bisa menerapkan sistem belajar dengan waktu 30–45 menit per sesi supaya lebih efektif. Dikutip dalam artikel University of New Hampshire, otak manusia hanya dapat fokus belajar maksimal 45 menit saja, setelahnya tingkat fokus akan berkurang. 


Oleh karena itu, sebaiknya kamu menyusun jadwal belajar dengan durasi maksimal 45 menit dan istirahat 10 menit sebelum pindah ke materi selanjutnya. 


10. Penuhi Kebutuhan Istirahat

Belajar efektif bukan berarti melupakan waktu istirahat, ya. Kamu juga perlu istirahat supaya fisik dan pikiranmu lebih fresh dalam menerima materi pelajaran. Jika kebutuhan istirahat tidak terpenuhi, kamu pun menjadi kurang fokus pada saat belajar. 


Kamu bisa memenuhi kebutuhan istirahat dengan tidur cukup (minimal 8 jam per hari), menyempatkan melakukan hobi di akhir pekan, atau bersantai dengan keluarga. 


Baca juga: Gagal UTBK-SBMPTN Bukan Akhir dari Segalanya, Coba Lakukan Hal ini 

__________________________________________________________


Itu dia 10 cara belajar efektif yang bisa kamu terapkan. Semoga cara-cara tersebut dapat membantumu dalam belajar, ya! 


Selain menyediakan informasi seputar tips belajar, Pijar Belajar juga menyediakan banyak fitur yang bisa bikin proses belajarmu lebih seru! Penasaran apa saja fitur menarik Pijar Belajar? Yuk, coba gunakan aplikasi Pijar Belajar sekarang! 


Referensi:

10 Effective Study Techniques to Try This Year, University of ST Augustine for Health Science, https://www.usa.edu/blog/study-techniques/, 2020. 

Studying 101: Study Smarter Not Harder, The Learning Center, University of North Carolina at Chapel Hill, https://learningcenter.unc.edu/tips-and-tools/studying-101-study-smarter-not-harder/, 2018. 

How To Study Effectively: 12 Secrets For Success, Oxford Learning, https://www.oxfordlearning.com/how-to-study-effectively/, 2017. 

The Brain Break: How to Study Smarter!, University of New Hampshire, https://www.unh.edu/healthyunh/blog/2012/01/brain-break-how-study-smarter, 2012. 

When is the best time to study: Morning, Noon or Night?, PSB Academy, https://www.psb-academy.edu.sg/blog/best-time-to-study, 2020. 

Artikel Lainnya

 image

 image

 image

 image