10 Bahasa yang Paling Banyak Digunakan di Dunia. Bahasa Indonesia juga Termasuk? - Pijar Article
Paket Belajar
Blog
Tes Minat Bakat
Info Lainnya
Masuk

Share :

link iconwa iconfb icontwitter icon

10 Bahasa yang Paling Banyak Digunakan di Dunia. Bahasa Indonesia juga Termasuk?

| 0 minute read
10 Bahasa yang Paling Banyak Digunakan di Dunia. Bahasa Indonesia juga Termasuk? image

Ada sekitar 7.100 bahasa yang digunakan di seluruh penjuru dunia saat ini, lho! Bahasa-bahasa tersebut mewakili masing-masing budaya, suku, tradisi, dan identitas penuturnya. 


Sayangnya, beberapa bahasa hanya digunakan oleh sedikit komunitas saja sehingga terancam punah. Beberapa lainnya digunakan oleh sebagian besar populasi dunia bahkan menjadi alat komunikasi resmi internasional.


Ingin tahu bahasa-bahasa apa saja yang paling banyak digunakan di seluruh dunia? Yuk tetap membaca~


10 Bahasa yang Paling Banyak Digunakan di Dunia


1. Bahasa Inggris 

Setidaknya ada 1,5 miliar orang yang bisa menggunakan bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari. Bahasa ini merupakan bahasa resmi di 67 negara dan organisasi internasional seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Dengan menguasai bahasa ini, kamu bisa mengakses 60% informasi yang ada di internet saat ini lho, Sobat Pijar! Wah, gak ada ruginya deh belajar Bahasa Inggris.


2. Bahasa Mandarin

Salah satu bahasa tertua di dunia ini memiliki jumlah penutur sekitar 1.1 milyar orang dan telah ada sejak 3000 tahun yang lalu, wah! Bahasa ini juga termasuk dalam bahasa yang paling sulit dipelajari. Perbedaan nada pengucapan akan memberikan makna yang berbeda pula. Bahasa ini menjadi bahasa resmi di Cina daratan, Taiwan, dan juga Singapura. Gimana, tertarik untuk mempelajarinya?


3. Bahasa India

Sebagai negara dengan populasi terbanyak kedua di dunia, tak heran jika bahasa India berada di posisi ketiga sebagai bahasa yang paling banyak digunakan di dunia. Dengan total 615 juta, penutur bahasa India bukan hanya tersebar di negara India saja. Negara-negara lain seperti Nepal, Fiji, Mauritius, hingga Guyana juga diketahui menggunakan bahasa ini sebagai alat komunikasi mereka sehari-hari.


4. Bahasa Spanyol

Sebagai negara yang gencar melakukan ekspansi di jaman dulu, Spanyol berhasil membuat bahasanya menjadi bahasa resmi yang digunakan di empat benua. Kurang lebih ada 534 juta penutur bahasa Spanyol yang tersebar di berbagai belahan dunia. Bahasa inipun mempengaruhi bahasa lain seperti bahasa Tagalog di Filipina. 


5. Bahasa Prancis

Bahasa Prancis merupakan salah satu bahasa yang mempengaruhi bahasa Inggris. Sekitar 40% kata bahasa Inggris berasal dari Bahasa Prancis. Saat ini, sekitar 29 negara di dunia menjadikan bahasa Prancis sebagai bahasa resmi mereka. Ada sebuah istilah, jika bahasa Inggris adalah bahasa bisnis, maka bahasa Prancis adalah bahasa budaya. 


6. Bahasa Arab

Bahasa Arab digunakan sebagai bahasa resmi di 26 negara di dunia. Meskipun tiap negara tersebut memiliki dialek masing-masing, bahasa Arab tetap memiliki standar yang bisa dipahami oleh semua penuturnya. Selain itu, bahasa ini juga merupakan bahasa yang digunakan oleh seluruh umat Muslim di dunia untuk beribadah. Meskipun tak memahami secara keseluruhan, sebagian besar umat Muslim bisa membaca tulisan arab untuk membaca Al-Qur'an.


7. Bahasa Bengali

Bahasa ini merupakan bahasa resmi Bangladesh yang juga digunakan di India dan Myanmar. Walaupun digunakan di area yang lebih kecil dibandingkan bahasa-bahasa lainnya, populasi penutur yang tinggal di area-area tersebut sangat banyak. Tak heran bahasa ini digunakan lebih dari 265 juta orang.


8. Bahasa Rusia

Sebagai negara yang paling luas di peta dunia, ini bukanlah hal mengejutkan. Bahasa Rusia kini masih digunakan oleh sebagian besar negara-negara bekas Uni Soviet seperti Kirgistan, Kazakhstan, hingga Belarusia. Sekedar informasi, bahasa ini memiliki perbendaharaan kata yang sedikit sehingga satu kata bisa saja terdiri dari lebih dari satu arti. 


9. Bahasa Portugis

Bangsa Portugis juga adalah salah satu bangsa Eropa yang gencar melakukan kolonialisasi di benua Asia, Afrika, dan Amerika. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa bahasa ini banyak digunakan di negara-negara bekas jajahan Portugal seperti Brazil, Angola, dan Timor Timur.


10. Bahasa Indonesia

Selain banyaknya populasi, Indonesia juga memiliki wilayah yang sangat luas dan terdiri lebih dari 17 ribu pulau. Orang-orang Indonesia menggunakan bahasa ini untuk berkomunikasi dengan sesama orang Indonesia yang berasal dari berbagai suku. Karena berasal dari bahasa Melayu, orang-orang Malaysia dan Brunei pun tetap bisa memahami bahasa Indonesia. Wah, bangga ya jadi orang Indonesia,


Baca juga: Daftar 34 Ibukota Provinsi di Indonesia Terlengkap

_______________________________________


Sobat Pijar! Itulah 10 bahasa yang paling banyak digunakan di dunia. FYI, jika bisa membaca artikel ini, itu artinya kamu menguasai salah satu bahasa paling populer di dunia, lho! 


Ingin belajar bahasa Indonesia sesuai dengan jenjang pendidikanmu? Yuk, gunakan Pijar Belajar sekarang juga! Ada banyak latihan soal yang bisa kamu akses untuk meningkatkan pengetahuanmu, lho!


Tunggu apa lagi? Download Pijar Belajar di ponselmu sekarang!


Referensi:

https://www.langoly.com/most-spoken-languages/

https://blog.busuu.com/most-spoken-languages-in-the-world/

https://www.berlitz.com/blog/most-spoken-languages-world

Artikel Lainnya

 image

 image

 image

 image